Jokowi Minta Jangan Sampai Seluruh Kota Lockdown Gara-gara Satu Orang

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh pemerintah kota bersama-sama untuk serius dalam menangani pandemi Covid-19 ini. Karena, pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro di tingkat desa hingga RT/RW juga akan membantu menekan angka penularan Covid-19. Sehingga tidak perlu dilakukan lockdown.

“Jangan sampai yang terkena virus hanya satu orang dalam satu RT yang di lockdown seluruh kota. Jangan sampai yang terkena virus misalnya satu kelurahan yang di lockdown seluruh kota, untuk apa? ini yang sering kita keliru di sini,” ujar Jokowi dalam Pembukaan Munas IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (11/2).

Baca Juga :  Merapi Level Siaga, Status Pengungsi Mengalami Penambahan

Oleh sebab itu Jokowi meminta kepada wali kota, wakil wali kota harus melakukan pemetaan zonasi penyebaran Covid-19 ini secara detail.

“Lihat proses-proses yang dilakukan negara lain, melockdown seluruh negara, melockdown satu provinsi satu kota, ekonominya yang jatuh, jadi hati-hati mengenai ini,” katanya.

Pemerintah juga saat ini sedang melakukan penguatan 3T yakni testing, tracing, dan treatment. Jokowi ingin pemerintah daerah menyiapkan hal tersebut dengan baik.

Baca Juga: Jhoni Allen Disebut Jadi Otak Kudeta, Elite Demokrat Bakal Blak-blakan

Baca Juga: Andi Arief Tuding Moeldoko yang Ingin Lengserkan AHY dari Ketum PD

“Dan tentu saja, yang namanya treatment, isolasi ini harus mendapatkan perhatian yang serius, baik dari sisi penyediaan obat-obatan, penyediaan bed rumah sakit, kesiapsiagaan tenaga medis, harus selalu dicek, harus selalu dimonitor,” ungkapnya.

Baca Juga :  Protes Dianggap Separatis, Migrasi Mulai Jadi Opsi Hongkongers

Lebih lanjut Jokowi juga menekankan pandemi Covid-19 belum berakhir. Dia mengajak seluruh pihak tetap bekerja keras disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

“Pengendalian laju virus harus menjadi prioritas utama kita. Saya kira berulang-ulang sudah saya sampaikan disiplin 3M, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, harus-harus terus digaungkan pada masyarakat. Pemda, saya sudah perintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri, akan dibantu oleh aparat TNI dan Polri di daerah,” ungkapnya.

Comment