Gelombang Mudik Libur Imlek Diperkirakan Dimulai Hari Ini

KalbarOnline.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sudah bersiap diri menyambut libur panjang akhir pekan Imelek 2021. Pada periode ini diperkirakan akan terjadi lonjakan kendaraan kendaraan yang meninggalkan wilayah DKI Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, arus mudik diprediksi sudah mulai terlihat hari ini. Untuk mengantisipasi kepadatan, Ditlantas sudah menyiapkan pos pengamanan di Tol Jakarta-Cikampek. “Kami jajaran Polda Metro Jaya sudah menyiapkan pos-pos keamanan antara lain KM 10, KM 19 rest area, dan KM 29,” kata Sambodo kepada wartawan, Kamis (11/2).

Baca Juga :  Selain 3M, Penting Terapkan Iman, Imun, dan Aman Saat Liburan

Sambodo menuturkan, pos pengamanan KM 10 dibuat untuk mengantisipasi apabila terjadi kecelakaan atau kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek Elevated II atau tol layang. Sedangkan pos pengamanan KM 29 untuk mengantisipasi apabila perlu diterapkan skema contra flow dari arah barat ke timur maupun sebaliknya. Dan di KM 19, akan disediakan drive thrue swab antigen gratis bagi pengendara.

Selain itu, pengamanan Imlek juga akan diberikan di klenteng atau vihara yang menyelenggarakan ibadah Imlek. Polisi lalu lintas akan dikerahkan untuk mengatur lalu lintas di sekitar tempat peribadatan. “Untuk semuanya ini total ada 350 personel sudah kita siapkan,” ucap Sambodo.

Baca Juga :  Tentang Pelaporan Haikal Hasan, PKS: Kriminalisasi Ulama Kritis

Tak hanya itu, Ditlantas juga telah membekali anggotanya dengan perlengkapan lengkap apabila terjadi hujan atau cuaca ekstrem. Tim khusus yang mengantisipasi banjir maupum tim penyelamatan dan pertolongan apabila terjadi bencana sudah disiagakan.

“Jadi kalau ada pohon tumbang, ada jalan rusak dan sebagainya, kita sudah siap untuk mengantisipasi segera, sehingga kemudian masyarakat yang melaksanakan berpergian tidak terhambat,” ujar Sambodo. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment