19 Usulan Pembangunan Diakomodir Dalam Musrenbang Kecamatan Kuala Mandor B

19 Usulan Pembangunan Diakomodir Dalam Musrenbang Kecamatan Kuala Mandor B

KalbarOnline, Kubu Raya – Sebanyak 19 usulan dari lima desa di Kecamatan Kuala Mandor B dibahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 tingkat Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya, Kamis (11/2/2021).

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, perencanaan, serta penganggaran dari tingkat desa, ke kabupaten untuk digodok bersama dalam rangka merumuskan strategi kebijakan pembangunan untuk menuju tata kelola pemerintah yang baik.

“Apabila tata kelola pemerintahan desa itu baik, sudah transparan, sudah akuntabel, melibatkan partisipatif masyarakat dalam musyawarah untuk mengambil keputusan. Insyaallah dalam perencanaannya akan lebih tepat, efektif dan kondunsif,” ujar Bupati saat membuka Musrenbang Kuala Mandor B di gedung serba guna Kantor Camat Kuala Mandor B.

Baca Juga :  Polisi Berhasil Bekuk Pelaku Begal di Kubu Raya

Dengan adanya sistem non tunai dalam transaksi dana desa yang telah diakui Menteri Desa dan Menteri Dalam Negeri, Kubu Raya merupakan daerah pelopor penerapan melalui Cash Management System. Dengan system CMS upaya memperkuat tata kelola pemerintah desa yang sebelumnya kewenangan itu sempat kisruh saat belum ada kebijakan sistem non-tunai.

“Dengan terbangunnya sistem maka dapat menavigasi. Dan kita memiliki koridor dalam bekerja serta organisasi perangkat desa berjalan dengan baik hingga ke tingkat RT,” terang Bupati.

Baca Juga :  PBB dan BPHTB Kubu Raya Akan Kenakan Pajak Tanah Tanpa Bangunan

Sementara Camat Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya, Maluk mengatakan menyambut baik kebijakan pemerintah kabupaten untuk membangun jalan poros. Menurutnya infrastruktur jalan di wilayah Kuala Mandor B dari tahun ke tahun semakin meningkat.

“Selain itu, saya berharap dinas komunikasi dan informatika kubu raya dapat mengakomodir pembangunan infrastruktur jaringan internet baik di kantor-kantor desa maupun sekolah-sekolah yang ada di Kuala Mandor B,” terang Camat. (ian)

Comment