by

Menag Pastikan Kerja Sama Indonesia-UEA Terus Berlanjut

KalbarOnline.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan kerja sama bidang keagamaan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA) terus berlanjut. Kepastian itu disampaikan menag dalam Konsultasi Bilateral Kerja Sama Republik Indonesia-Uni Emirat Arab secara virtual dengan Ketua Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf UEA Mohmmed Matar Al-Kaabi.

’’Saya Menteri Agama Republik Indonesia, yang diberikan tugas Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh Menteri sebelumnya Bapak Fachrul Razi, terutama terkait dengan kerja sama dengan Uni Emirat Arab,’’ terang dia dalam keterangannya, Rabu (10/2).

Seperti diketahui, dalam kunjungan resmi ke Abu Dhabi pada awal 2020, Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Syekh Mohamed bin Zayed ada 16 kesepakatan dan nota kesepahaman antara Indonesia dan UEA yang disepakati.

’’Saya tahu banyak sekali kerja sama yang telah dilakukan antara Indonesia dengan UEA, terutama yang terkait dengan MoU antara Kementerian Agama dengan Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf UEA yang telah ditandatangani di Abu Dhabi, 12 Januari 2020,’’ sambung Menag.

Adapun, bentuk kesepakatan tersebut melingkupi kerja sama di berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, kesehatan, energi, pelabuhan, lingkungan, wakaf, serta urusan Islam.

Beberapa program kerja sama bidang keagamaan yang telah disepakati antara Indonesia dengan UEA antara lain pengiriman imam masjid, pembinaan dai, serta pendirian masjid di Surakarta, Jawa Tengah.

’’Terkait dengan pembangunan masjid di Surakarta, peletakan batu pertamanya akan dilakukan pada bulan Maret 2021. Kami berharap Yang Mulia Ketua Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf dapat turut hadir bersama di sini,’’ harap Menag. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

Terbaru