Mengenal Herbal Echinacea Purpurea Untuk Infeksi Saluran Pernapasan

KalbarOnline.com – Berbagai upaya pencegahan sekaligus perlindungan untuk meningkatkan imun tubuh, penting dilakukan selama pandemi. Covid-19 awalnya dikenal sebagai penyakit pernapasan yang bisa menyerang sistem imunitas tubuh yang lemah. Berbagai bahan herbal terus diteliti untuk meningkatkan imun tubuh selama pandemi.

Salah satunya dari Echinacea Purpurea. Ahli Alergi dan Imunologi Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, menjelaskan Echinace Purpurea memiliki manfaat sebagai immunomodulator. Echinacea Purpurea dapat mengatur kerja sistem imun tubuh.

“Berdasarkan mekanisme kerjanya, Echinace Purpurea dapat digunakan untuk percegahan penyakit infeksi, salah satunya infeksi pada saluran pernapasan atas dan bawah,” katanya dalam keterangan virtual baru-baru ini.

Para Ahli PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) telah mendiskusikan penggunaan Echinacea purpurea di masa pandemi melalui acara webinar Expert Meeting bertajuk Peranan Echinacea Purpurea di Pandemi Covid-19. Berdasarkan data penelitian yang ada, pemberian Echinacea purpurea berperan sebagai imunomodulator dan membawa komponen sistem imun ke level yang dibutuhkan agar tubuh siap untuk melawan infeksi. Echinacea purpurea juga tidak menyebabkan terjadinya badai sitokin (cytokine storm).

Baca Juga :  Soal Pilkada Serentak, Jokowi Tak Ingin Muncul Klaster Baru Covid-19

Kedua, pada Covid-19 terdapat berbagai modalitas terapi yang diberikan. Echinacea purpurea dapat diberikan sebagai salah satu modalitas tersebut, yaitu sebagai terapi preventif pada orang sehat ataupun terapi adjuvan dalam kasus KTG (konfirmasi tanpa gejala) dan pasien gejala ringan.

Ketiga, dosis Echinacea purpurea yang diberikan sesuai dengan persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebesar 1000mg sekali sehari, selama 8 minggu atau sampai dengan hasil swab negatif. Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Umum Persahabatan, dr. Erlina Burhan mengatakan saat ini, 80 persen pasien Covid-19 di Indonesia tercatat tanpa gejala dan pasien bergejala ringan. Sisanya, 20 persen adalah pasien yang bergejala sedang dan berat.

“Oleh karena itu, penting melakukan perlindungan diri dengan tetap memelihara dan meningkatkan imunitas tubuh, antara lain dengan mengonsumsi Echinacea Purpurea,” katanya.

Baca Juga :  Arumi: UMKM Menjadi Tulang Punggung Penggerak Roda Perekonomian Jatim

Direktur PT SOHO Industri Pharmasi dan Vice President Research & Development, Regulatory and Medical Affairs SOHO Global Health Tbk, Imboost Raphael Aswin Susilo Widodo menjelaskan Echinacea merupakan jenis tumbuhan herbal yang umum diteliti penggunaannya dalam berbagai kasus infeksi saluran napas dan common cold. Echinacea memiliki berbagai komponen zat aktif yang dianggap berperan sebagai imunomodulator, antara lain alkamide, ketoalkana, turunan asam cafeic, polisakarida, dan glikoprotein.

Sebagai imunomodulator, kata dia, Echinacea dapat berperan sebagai imunostimulan ataupun imunosupresan, bergantung pada kondisi sistem imun tubuh.

“Bahkan, dalam studi in-vitro lainnya, didapatkan bahwa pemberian Echinacea menghambat beberapa jenis virus, seperti virus influenza A dan B, virus parainfluenza, dan respiratory syncytial virus (RSV) melalui mekanisme interaksi langsung dengan partikel virus serta protein pembungkus virus,” tutup Raphael.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment