Categories: Nasional

Mahasiswa Kampus Mengajar Diminta Ajarkan 5M ke Masyarakat

KalbarOnline.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Kampus Mengajar Perintis angkatan 1 tahun 2021. Targetnya, 15 ribu mahasiswa akan menjalankan program ini.

Jumlah mahasiswa tersebur nantinya akan mengajar para siswa jenjang sekolah dasar di lingkungan mereka masing-masing. Selain mengajar, para mahasiswa tersebut juga diberikan tugas yang lain di lingkungan sekolah dan masyarakat setempat.

“Selain relawan dalam kampus mengajar itu, mahasiswa juga sebagai duta edukasi perubahan perilaku (menghadapi covid-19) ini juga perlu dilakukan,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, Nizam dalam webinar Peluncuran Kampus Mengajar, Selasa (9/2).

Mahasiswa diminta melakukan edukasi kepada masyarakat terkait 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan menjaga pola hidup bersih. Nantinya, mahasiswa akan memberikan contoh agar masyarakat sekolah dan sekitarnya dapat terhindar dari virus korona dan memberikan langkah penularan virus.

Para mahasiswa dapat mendaftarkan dirinya secara daring melalui laman ringkas.kemdikbud.go.if/KampusMengajar2021. Mahasiswa yang dapat mengikuti program ini mulai dari mahasiswa semester lima dan seterusnya.

Setelah pendaftaran mahasiswa akan diseleksi. Hasil seleksi akan diumumkan pada pertengahan Maret 2021. Dari pertengahan Maret hingga 21 Maret 2021, mahasiswa terpilih akan mendapatkan pembekalan. Agar nantinya siap menjalankan tugas mulai dari 22 Maret 2021 hingga 25 Juni 2021.

Sebelumnya, pada 2020 kemarin, terdapat 5.625 mahasiswa telah ditetapkan sebagai duta perubahan perilaku untuk menghadapi Covid-19. Mereka masuk dalam tim edukasi yang bakal diterjunkan di 15 kabupaten/kota pada 12 provinsi di Indonesia.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Peringatan Hardiknas 2024, Pj Bupati Romi: Mengenang Perjalanan Merdeka Belajar

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)…

7 hours ago

Tim Jatanras Polresta Pontianak Tangkap Komplotan Pencuri Kabel, Satu Orang Masih Buron

KalbarOnline, Pontianak - Tim Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak berhasil menangkap komplotan pencurian kabel listrik…

8 hours ago

Warga MHS Ketapang Dihebohkan ODGJ Gorok Leher Sendiri Hingga Tewas

KalbarOnline, Ketapang - Warga Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) dibuat heboh dengan…

8 hours ago

Kadiskop UKM Kalbar Turun Langsung Monitoring Tumbuh Kembang Anak Asuh Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar, Junaidi bersama Anggota Korps Pegawai Republik…

8 hours ago

Pimpin Upacara Hardiknas, Harisson Serukan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan…

8 hours ago

Lutfi Al Mutahar Optimis Jadi Calon yang Diusung PAN di Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Lutfi Al Mutahar meyakini kalau dirinyalah yang akan diusung oleh Partai Amanat…

21 hours ago