Ketua KPK Firli Ungkap Pers Punya Peran Pemberantasan Korupsi

KalbarOnline.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan, media massa tidak hanya sarana memberikan informasi, tetapi juga wawasan pada bangsa dan negara. Menurut Firli, pers atau media massa mempunyai peran penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pernyataan ini disampaikan Firli bertepatan dengan Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari 2021. Firli bersama Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dan Alexander Marwata menyambangi rekan-rekan media yang biasa meliput di Gedung Merah Putih KPK.

“Sampai hari ini, sudah 75 tahun rekan-rekan pers telah menunjukkan andil besar dalam rangka mewujudkan tujuan negara. Karena pers tidak hanya memberikan informasi, tidak hanya sekadar memberikan wawasan pada bangsa dan negara, tapi ikut mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (9/2).

Baca Juga :  Kritik Perubahan Organisasi KPK, ICW: Harusnya Fokus Perbaiki Kinerja

Firli menuturkan, dalam sejarahnya pada 9 Februari 1946 terdapat pertemuan wartawan yang dinamakan konferensi nasional wartawan Indonesia. Lantas pada 9 Februari 1955, ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional.

“Artinya adalah sampai hari ini sudah 75 tahun rekan-rekan pers telah menunjukkan andil besar,” ujar Firli.

Jenderal polisi bintang tiga ini lantas menyampaikan rasa terimakasihnya kepada rekan-rekan pers yang selama ini turut andil dalam menyebarkan setiap informasi mengenai kerja-kerja pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK. Dia menyebut, media massa juga merupakan salah satu pahlawan antikorupsi.

Baca Juga :  Kebakaran Kejagung, Nyala Api Mengecil, Tapi Belum Padam Sepenuhnya

“Selamat Hari Pers Nasional yang ke 75, semoga tetap jaya dan semoga tetap memberikan andil kepada kemajuan bangsa dan negara,” harap Firli.

Dalam kesempatan ini, Firli juga memastikan rekan-rekan media yang selama ini bertugas di KPK akan difasilitasi untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Terlebih selama ini, KPK juga memfasilitasi tes Covid-19 berupa swab tes atau rapid antigen.

“Untuk vaksinasi, karena ini adalah meliputi kewenangan lembaga lain tentu kita akan bicarakan. Kami sudah tugaskan kepada Sekjen untuk siapkan segala sesuatunya, berkoordinasi dengan Kemenkes tentang vaksinasi itu,” tandas Firli.

Comment