Kemenag Lakukan Pemetaan Awal untuk Dorong Kemandirian Pesantren

KalbarOnline.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa jajarannya telah ditugaskan untuk membuat kajian awal terkait kemandirian pesantren. Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar pesantren menjadi lebih mandiri.

“Salah satu mandatori yang diberikan Presiden kepada saya itu terkait dengan kemandirian pesantren. Presiden menekankan betul. Oleh karenanya kami melakukan pemetaan awal terkait hal ini,” ungkap Gus Yaqut dalam keterangannya, Selasa (8/2).

Menurut Menag, pemetaan awal ini amat penting guna memberikan treatment yang tepat bagi tiap-tiap pesantren. Apalagi, saat ini terdapat sekitar 31 ribu pesantren di Indonesia.

Baca Juga :  Beredar Foto Teflon Halal, Begini Respons Kemenag

“Karena tiap pesantren itu kan berbeda kebutuhannya. Karenanya kita perlu tahu untuk mengklasifikasi dan memberikan dukungan yang tepat,” cetus Menag.

Selain itu, Menag juga mengapresiasi lembaga Pesantren Motivasi Indonesia (PMI) yang saat ini memiliki berbagai program pemberdayaan ekonomi, seperti biro travel haji dan umrah serta kerja sama digital marketing dengan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

“Keberhasilan PMI dalam pemberdaayaan ekonomi ini bisa menjadi prototype bagi pesantren lain yang ada di Indonesia. Bahkan kalau bisa berjejaring lebih baik lagi. Titik tekannya itu kemandirian,” pesan Menag.

Baca Juga :  Dubes Arab Saudi Angkat Bicara Terkait Informasi Pertemuan Raja Salman Dengan Habib Rizieq

Sebelumnya, pengasuh PMI KH Ahmad Nurul Huda menyampaikan, pihaknya telah bekerja sama dengan sekitar 200 UMKM di Kabupaten Bekasi selama pandemi ini. Pasalnya, di masa pandemi ini mereka kebingungan untuk menjual produknya. Oleh karenanya, PMI melakukan kerja sama dengan para UMKM tersebut.

“Kemudian mereka menitipkan jualannya di PMI Mart ini. Kebetulan, santri-santri kami juga kan belajar digital marketing, mulai lah para santri membantu memasarkan barang umkm tersebut secara online. Ternyata ini efektif dan sangat membantu sekali,” tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment