Paus Fransiskus Desak Militer Myanmar Bebaskan Aung San Suu Kyi

KalbarOnline.com – Paus Fransiskus, pada Senin (8/2), mendesak pimpinan militer Myanmar untuk membebaskan Aung San Suu Kyi dan para tahanan politik lainnya. Paus juga meminta agar jalan negara yang telah dikacaukan itu kembali kepada demokrasi.

Paus menyatakan desakan ini dalam pidato tahunan di hadapan korps diplomatik, seiring dengan jalannya aksi protes hari ketiga yang diikuti puluhan ribu orang di Myanmar untuk melawan kudeta militer atas pemerintahan resmi negara itu sepekan lalu.

Baca Juga :  Donald Trump Menyerahkan Diri ke Penjara Fulton Tapi Bebas 20 Menit Kemudian

Di depan diplomat asal lebih dari 180 negara, Paus menyampaikan tentang afeksi dan kedekatannya pada rakyat Myanmar yang dikunjunginya pada 2017 lalu.

“Jalan menuju demokrasi yang dibentuk dalam beberapa tahun belakangan telah dikacaukan secara kasar oleh kudeta pada pekan lalu,” kata Paus Fransiskus, dikutip dari Antara.

“Hal itu mengarah pada pemenjaraan sejumlah pimpinan politik berbeda, yang saya harap akan segera dibebaskan sebagai tanda dorongan untuk dialog yang tulus, yang bertujuan pada kebaikan negara,” kata dia.

Baca Juga :  Pasien Covid-19 Sempat Kunjungi Ikon Singapura Universal Studio

Pidato Paus di hadapan diplomat seringkali disebut pidato dunia karena biasanya membahas konflik dan sengketa yang terjadi di seluruh penjuru bumi.

Comment