BMKG: Banten, DKI, Jabar, dan Jateng, Kategori Siaga Potensi Banjir

KalbarOnline.com–Badan Pusat Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan daerah seperti Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, masuk dalam kategori siaga. Potensi hujan lebat dapat berdampak banjir atau bandang dalam periode 8–9 Februari.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG A. Fachri Radjab seperti dilansir dari Antara mengatakan, selain fenomena La Nina, terdapat pula faktor dinamika atmosfer lain yang mempengaruhi peningkatan intensitas curah hujan ekstrem di beberapa daerah di Indonesia.

Menurut dia, peringatan tentang musim hujan Indonesia akan terpengaruh La Nina sudah diberikan sejak Oktober. Fenomena itu masih berlangsung sampai saat ini dengan intensitas moderat. Hal itu mengakibatkan musim hujan yang lebih basah di Indonesia.

Baca Juga :  Innalillahi, Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia

”Selain ada faktor-faktor dinamika atmosfer yang juga berpengaruh terhadap pertumbuhan awan hujan di Indonesia, di antaranya saat ini masih terdeteksi monsun Asia kemudian adanya daerah-daerah pertemuan angin di atas wilayah Indonesia,” kata Fachri Radjab.

Dia mengandaikan fenomena pertemuan angin seperti kendaraan yang bertemu di perempatan jalan, yang dapat menimbulkan penumpukan. Dengan terjadi pertemuan angin di atas Indonesia itu dan suhu makin dingin akan terbentuk awan. Daerah pertemuan muncul di Indonesia terjadi karena monsun Asia yang masuk ke selatan karena adanya daerah-daerah tekanan rendah di utara Australia.

”Itu makanya banyak terbentuk daerah pertemuan angin di atas wilayah Indonesia,” tambah Fachri Radjab.

Baca Juga :  Maklumat Kapolri Soal Larangan Akses Konten FPI Ancam Kebebasan Pers

Selain faktor global La Nina dan faktor regional yang menyebabkan daerah pertemuan angin, Fachri juga menjelaskan adanya faktor lokal. Yakni stabilitas udara yang cenderung labil atau mudah terangkat yang dapat membentuk awan. Proses konveksi awan itu, cukup kuat karena udara yang labil tersebut.

”Kombinasi tiga skala itu maka banyak terbentuk awan-awan hujan di Indonesia,” ujar Fachri.

Selain empat provinsi yang masuk masuk dalam kategori siaga, BMKG juga mengategorikan Bengkulu, Lampung, DI Jogjakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua dalam kategori waspada.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment