Laksanakan PTM, Guru Diminta Terus Lakukan Edukasi Prokes

KalbarOnline.com – Pembelajaran tatap muka (PTM) telah dimulai di sebagian wilayah di Indonesia. Hal ini dilakukan guna menghindari makin melebarnya loss learning pada para pelajar di Indonesia akibat pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Namun sebelum dilakukan PTM, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi meminta agar para pendidik memberikan edukasi protokol kesehatan melalui jalur virtual kepada para muridnya sebelum pembelajaran dimulai.

“Kami sekarang minta supaya seluruh guru, seluruh dosen sebelum kegiatan belajar mengajar, baik online maupun tatap muka nanti, diminta untuk menjelaskan kepada peserta didiknya tentang bahaya Covid-19 dan pencegahannya,” ungkap dia beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  35 Artefak Peninggalan Rasulullah dan Sahabat Dipamerkan di Masjid Al Ikhlas Ketapang

Baca Juga: Ketahui Langkah Protokol Kesehatan Jika Ada Keluarga Terpapar Covid-19

Apabila sekolah mendapat izin pemda dan orang tua untuk melakukan tatap muka, kepala sekolah serta guru juga diharapkan terus memberikan pengetahuan protokol kesehatan. Karena menurut dia, pemberitahuan secara berulang akan membuat kebiasaan baru.

“Kalau misalkan ada pembelajaran tatap muka, tugas guru selain mengedukasi peserta didik, juga harus mengawasi para peserta didik agar mereka tetap dengan koridor patuh terhadap protokol kesehatan,” tambahnya.

Tanggung jawab edukasi protokol kesehatan tidak hanya dilakukan oleh pendidik di lingkup sekolah saja. Orang tua pun perlu memberikan arahan untuk pencegahan penularan virus.

Baca Juga :  Mahfud: MA Korting Hukuman Koruptor, Pengaruhi Anjloknya IPK Indonesia

“Orang tua bertanggung jawab untuk mendidik anaknya,” tambah dia.

Sonny juga mengungkapkan bahwa pembiasaan ini bukan hanya untuk menghadapi pandemi Covid-19 semata. Namun, juga untuk kebiasaan masyarakat hidup bersih dan sehat di masa mendatang.

“Kita tidak hanya orientasi jangka pendek supaya pandemi selesai, kita juga ingin dalam jangka panjang masyarakat kita itu memang punya perilaku hidup bersih dan sehat,” tutup dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment