Adanya Vaksin, Penjualan Sepeda Motor Diyakini Akan Tumbuh 10%

KalbarOnline.com – Seperti diketahui mengakhiri tahun 2020 idustri otomotif mengalami penurunan yang sangat signifikan, termasuk di segmen roda dua. Ya penjualan kendaraan roda dua di Indonesia terperosok cukup curam hingga 43,5%.

Penurunan ini disebabkan situasi pandemi akibat covid-19 yang hingga saat ini masih berlangsung, aktifitas sosial masyarakat dan ekonomi nasional sangat terdampak.

Menurut data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) beberapa waktu lalu tercatat bahwa sepanjang kuartal pertama ekonomi nasional masih tumbuh positif 2,97%. Akan tetapi pada kuartal kedua ekonomi hanya tumbuh 5,32% sedangkan pada kuartal tiga -3,49%.

Pada data terbaru yang dipaparkan Kepala BPS, Suhariyanto, saat konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat lalu (5/2) memperlihatkan, pada kuartal terakhir di 2020 atau kuartal keempat masih sama. Ekonomi Indonesia -2.19%.

Baca Juga :  Sudah Mulai Masuk Musim Hujan, Waspada Mobil Kebanjiran

Namun saat ini seiring dengan upaya pemerintah melakukan vaksinasi untuk masyarakat dalam mencegah merebaknya virus Covid-19 memberikan optimisme untuk bisa bangkit dalam perekonomian.

Termasuk untuk industri sepeda motor di Indonesia yang sempat terpuruk. Dalam hal ini Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johannes Loman mengungkapkan rasa optimistisnya.

Karena pemerintah tengah melakukan distribusi vaksin Covid-19 yang tengah dilakukan pemerintah. Menurutnya jika itu terjadi, maka kegiatan masyarakat dan ekonomi juga akan pulih.

“Jika penyebaran vaksin sudah dimulai merata maka pandemi akan dapat diatasi dan ekonomi akan lebih bergerak dan tumbuh, pasti mobilitas akan dibutuhkan,” ujar pria yang juga Executive Vice President PT Astra Honda Motor itu dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (5/2).

Baca Juga :  Januari Hingga November 2020 Penjualan Sepeda Motor Hanya Segini

Dirinya menambahkan pihaknya sangat yakin dengan adanya vaksinasi akan mempengaruhi penjualan motor di Indonesia. Karena jika masyarakat sehat, Covid-19 bisa diatasi, dan roda ekonomi perlahan akan pulih. Ini akan berdampak pada kebutuhan dan permintaan kendaraan termasuk sepeda motor akan naik.

Prediksi Loman terkait penjualan sepeda motor di Indonesia pada 2021 akan mengalami pertumbuhan 10% dibanding penjualan sepanjang tahun 2020 lalu. Dalam data AISI tercatat sepanjang 2020 penjualan sepeda motor hanya 3.660.616 unit. Angka ini turun 43,5% bila dibanding tahun sebelumnya yaitu 6.487.460 unit.

Ya, dengan adanya vaksin semua pihak sangat berharap perekonomian dan aktivitas masyarakat akan kembali normal.

Comment