Performa Merosot, PBSI Tak Berangkatkan Jonatan Christie ke Eropa

KalbarOnline.com-PP PBSI memutuskan menarik tiga pemain dari dua turnamen yang berlangsung di Eropa bulan depan. Yakni Swiss Open dan German Open.

Tiga pemain yang tidak berangkat adalah tunggal nomor tujuh dunia Jonatan Christie, pemain nomor 79 dunia Chico Aura Dwi Wardoyo, dan salah satu pahlawan Indonesia saat menjadi juara dunia beregu junior 2019 Putri Kusuma Wardani.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan bahwa ketiganya ditarik dari dua turnamen level Super 300 tersebut dengan alasan yang berbeda.

Jonatan tidak berangkat karena performanya yang buruk pada turnamen pembuka 2021 yakni Yonex Thailand Open dan Toyota Thailand Open.

Di Yonex Thailand Open, peraih emas Asian Games 2018 tersebut terhenti di babak perempat final. Sedangkan di Toyota Thailand Terbuka, Jonatan lebih buruk lagi. Dia sudah tumbang pada babak pertama.

Baca Juga :  Segrup dengan Pemain Muda, Minions Punya Tantangan Berat Jadi Juara

“Kemarin melihat penampilan atau performance Jojo di dua turnamen Thailand Open dia kurang maksimal, performance-nya kurang baik,” Kata Rionny dikutip dari siaran pers PP PBSI.

“Saya juga sudah konfirmasi dengan ko Hendry (Saputra), pelatihnya, lebih baik dia berlatih dulu untuk perbaiki performance-nya untuk mengikuti kejuaraan selanjutnya. Setelah dia siap, baru dikirim kembali,” tambah Rionny.

Pelatih kepala tunggal putra Hendry Saputra mengatakan bahwa kondisi Jonatan memang belum siap untuk kembali berkompetisi. Menurutnya, lebih baik waktunya digunakan untuk memperbaiki kondisinya. “Jojo biarkan dia berlatih dulu, sampai dia siap untuk dikirim ke turnamen selanjutnya,” tegas Hendry.

Sementara itu, soal Chico dan Putri, berdasarkan daftar tunggu pemain pada dua turnamen di Eropa tersebut, posisi keduanya terlalu jauh untuk mendapat kesempatan bertanding.

Dengan penarikan Jonatan dan Chico, tunggal putra Indonesia hanya akan diwakili dua pemain yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Shesar Hiren Rhustavito.

Baca Juga :  Persiapan Oke, Tim Indonesia Berharap Kejuaraan Asia Tak Mundur Lagi

Sementara itu, dari sektor tunggal putri, Indonesia juga hanya memberangkatkan dua pemain yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan.

Dari sektor ganda putra, pasangan nomor satu, dua, dan tujuh dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto baru akan turun pada German Open 2020.

Baca Juga:
Wawancara Herry IP, Terkait Performa Ganda Putra Indonesia di Thailand
Juara Dunia Junior Indonesia, Catat Loncatan Ranking Dunia Fantastis

Sedangkan di Swiss Open 2020, ketiga andalan Indonesia itu tidak bermain. Di Swiss, ganda putra Indonesia diwakili tiga pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Comment