Jokowi Ingin Pembatasan hingga RT-RW, Menko Rapat dengan Kepala Daerah

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengatakan, dirinya akan menggelar rapat dengan para pimpinan daerah malam ini untuk membahas pembatasan skala mikro. Airlangga mengungkapkan, nantinya hasil rapat tersebut akan langsung dilaporkan ke Presiden Joko Widodo untuk menentukan langkah berikutnya.

“Diharapkan kegiatan yang berskala mikro ini bisa segera untuk dioperasionalisasikan dan ini sedang disiapkan secara keseluruhan,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/2).

Baca Juga :  SBY Bahas 5 Isu Penting dengan Presiden PKS Sohibul Iman di Cikeas

Seperti diketahui, pemerintah sendiri sudah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali sejak bulan lalu. Pembatasan tersebut menurut Airlangga telah berhasil membuat angka Covid-19 di Jakarta, Jawa Tengah, dan Jogjakarta mengalami penurunan.

Airlangga mengungkapkan, Jokowi ingin pembatasan dilakukan lebih kecil skalanya. Dalam hal ini, level pembatasannya mulai dari Kecamatan, hingga RT-RW.

Baca Juga :  PLN Berhasil Kelola FABA Hingga 1,45 Juta Ton di Semester I 2023, Dimanfaatkan Masyarakat Jadi Material Batako Sampai Tanggul Laut

“Kita lihat beberapa daerah alami penurunan yakni Jakarta, Jateng, dan Jogjakarta dalam seminggu terakhir,” ungkapnya.

Namun meski ada kebijakan pembatasan, Airlangga memastikan, kegiatan penanganan Covid-19 juga memperhatikan keseimbangan agar membuat ekonomi Indonesia tumbuh positif. “Keseimbangan antara rem dan kenaikan angka pandemi dan pada saat sama mampu dorong agar perekonomian kita masuk jalur positif,” pungkasnya.

Comment