Dua Harimau Sinka Zoo Lepas Satu Pawang Tewas

Dua Harimau Sinka Zoo Lepas Satu Pawang Tewas

KalbarOnline, Singkawang – Seorang pawang kebun binatang Sinka Zoo di Singkawang, Kalimantan Barat tewas setelah dua ekor harimau lepas dari kandang, Jumat (5/2/2021). Pawang tersebut meninggal setelah berupaya mencegah dua hewan buas itu kabur. Salah satu pengurus Sinka Zoo, Elka Surya mengungkapkan, lepasnya dua ekor harimau tersebut akibat faktor alam.

Menurutnya, hujan deras yang mengguyur selama beberapa hari belakangan ini mengakibatkan longsor di kawasan Sinka Zoo Singkawang.

Baca Juga :  Berhasil Gagalkan Penyelundupan Narkoba, Kakanwil Pria Wibawa Apresiasi Lapas Singkawang

“Hujan yang mengguyur selama beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor di dekat kandang harimau. Longsor tersebut akhirnya menyebabkan lubang yang cukup besar di kandang harimau dan akhirnya dua harimau kabur,” ujar Elka.

Menurutnya, pawang sudah berusaha untuk mencegahnya. Namun, kata dia, hewan buas itu malah menyerang pawang nahas tersebut.

“Saat ini kami sudah dibantu oleh pihak polisi dan TNI di lapangan. Semoga saja dua harimau tersebut dapat ditangkap,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pontianak Diharapkan Jadi ‘Rumah Besar’, Alfian Salam: seperti Kota Singkawang

Dia menambahkan harimau yang lepas masih terpantau dan masih berada dalam kawasan area Sinka Zoo Singkawang.

Sementara Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang, Suparto menghubungi pengelola Sinka Zoo.

Selain itu, Suparto juga berkoordinasi dengan unsur TNI dan Polri guna mencari dua macan yang lepas tersebut. Namun, Suparto mengimbau masyarakat sekitar waspada dan berhati-hati, tetapi tetap tenang dan tak panik.

“Kami sudah meminta pihak Sinka Zoo untuk sementara waktu tutup,” ujarnya. (antara/KO)

Comment