by

35 Usulan Pembangunan Dibahas di Musrenbang Rasau Jaya

35 Usulan Pembangunan Dibahas di Musrenbang Rasau Jaya

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berupaya terus membangkitkan ekonomi masyarakat, baik dalam segi pendampingan maupun secara pendanaan dalam memfasilitasi sarana dan prasarana unit usaha kecil masyarakat.

Hal tersebut diutarakan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Rasau Jaya dengan tema peningkatan daya saing daerah, pengembangan pusat pertumbuhan ekonomi kerakyatan seta pengarustamakan gender didukung infrastruktur mendasar dan pelayanan sosial dasar di aula Kantor Kecamatan Rasau Jaya, Kubu Raya, Kamis (4/2/2021).

“Pemkab telah membuat regulasi untuk mengatur penguatan produk UMKM dengan jaminan pasar sistemik. Salahsatunya memanfaatkan potensi daerah dengan membuat kerajinan berupa produk anyaman bakul, besek dan lain sebagainya,” ucap Bupati Muda Mahendrawan.

Tidak hanya produk olahan, Bupati Muda menyatakan produk kuliner juga menjadi atensi Pemkab Kubu Raya. Perhatian tersebut berupa memberikan prasarana gerobak untuk para penjual kuliner yang sebelumnya telah terdata oleh stakeholder terkait.

Dalam memberikan bantuan untuk usaha mikro kecil masyarakat, tidak terlepas dengan pendataan untuk diberikan legalitas oleh Pemkab Kubu Raya jelas Bupati menambahkan. Karena kebijakan untuk mengeluarkan  Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) serta label halal melalui prosedur dan ketetapan dari lembaga berkompeten.

“Apalagi saat ini magnet-magnet ekonomi telah bermunculan di daerah Kubu Raya. Contohnya kemarin telah berdiri GAIA Bumi Raya City Mal yang telah memberikan peluang bagi usaha mikro kecil masyarakat untuk dipasarkan di stand UMKM Corner,” terang Bupati Muda.

Sementara Camat Rasau Jaya, Sutomo mengatakan sebanyak 35 usulan dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya telah disampaikan para kepala desa pada kegiatan Pramusrenbang dua hari lalu.

“Desa Pematang Tujuh ada lima usulan, Bintang Mas lima usulan, Rasau Jaya Umum lima usulan, Rasau Jaya Satu lima usulan, Rasau Jaya Dua lima usulan, Rasau Jaya Tiga lima usulan dan Kecamatan Rasau Jaya lima usulan,” terang Camat. (ian)

Comment

News Feed