Pemerataan Melalui Data Geospasial

Pemerataan Melalui Data Geospasial

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Terentang, di Gedung Serbaguna Kecamatan Terentang, Rabu (3/2/2021).

Patut diketahui Kecamatan Terentang menjadi pertama dalam pembukaan kegiatan Musrenbang yang akan dilakukan di Sembilan kecamatan. Kegiatan Musrenbang ini, dihadiri Wakil Bupati Sujiwo, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, para Kepala SKPD, Camat, Kades serta turut melibatkan tokoh masyarakat setempat.

Bupati Muda Mahendrawan menyatakan Musrenbang bukanlah kegiatan seremoni belaka namun merupakan tolak ukur dalam perencanaan pembangunan disuatu daerah setempat. Kendatipun Kecamatan Terentang menjadi daerah yang pertama, dalam melaksanakan Musrenbang maka proses akan lebih cepat.

Baca Juga :  Bupati Muda Ajak Anggota Korpri Terus Inovasi Dalam Pelayanan Publik

“Ini soal mengindetivikasi serta memspesifikasi perancanaan untuk tahun depan dan sekaligus memperkuat pelaksanaan tahun ini kita proses lebih cepat,” terang Bupati Muda Mahendrawan ditemui usai menghadiri Musrenbang di Kecamatan Terentang.

Bupati mengatakan usulan-usulan program prioritas dari MusrenbangDes turut juga mengalokasikan program-program di kecamatan agar singkronisasi dalam pelayanan dasar untuk masyarakat dapat terakomodir oleh tingkat kecamatan.

“Selain program regular dari dinas yang telah dirangkum oleh Bappeda seperti Dinas PU untuk jalan poros, jembatan, irigasi dan lainnya. Kemudian pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, serta sektor lainnya. Termasuk pemberdayaan ekonomi keluarga, UMKM, ini agar dapat dirangkum juga,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Muda Dorong Kades Bangun Kantor Desa Strategis

Dengan menggunakan skema data goespasial, Bupati Muda optimis perencanaan akan tepat sasaran. Terutama untuk pemetaan disetiap rumah tangga, hal lainnya juga mengurangi resiko mubajir anggaran agar terhindar dari tumpang tindih program dari desa ke kabupaten.

“Dan ini dapat mengnavigasi. Baik dari pihak kabupaten maupun desa. Data goespasial inilah akan menjadi data dasar yang tentunya akan diikuti kecamatan lain,” jelas Bupati. (ian)

Comment