Ahli Korea: Pasien Gejala Ringan Bisa Tularkan Covid-19 dalam 12 Hari

KalbarOnline.com – Siapa saja yang pernah kontak erat dengan pasien Covid-19 agar melakukan isolasi mandiri. Biasanya isolasi mandiri dilakukan 14 hari. Namun, ahli di Korea Selatan menemukan bahwa Covid-19 dapat menular dari pasien ringan dan sedang selama kurang dari 12 hari setelah gejala muncul.

Dilansir dari Korea Biomed, Rabu (3/2), untuk mengetahui durasi penularan virus Korona, tim peneliti gabungan yang dipimpin oleh Profesor Kim Min-chul, Chung Jin-won, Choi Seong-ho dari Universitas Chung-Ang dan Profesor Park Man-seong dari Universitas Korea, mengamati lebih dekat. Mereka memantau virus dari pasien ringan dan sekunder di Rumah Sakit Universitas Chung-Ang. Hasil studi tersebut sudah dipublikasikan di New England Journal of Medicine.

Baca Juga :  Berdasar Rekaman Video, Jacob Blake Ditembak Polisi di Depan 3 Anaknya

Para peneliti menemukan bahwa meski butuh 34 hari bagi pasien yang dikonfirmasi untuk dipastikan negatif setelah merasakan menunjukkan gejala, butuh tujuh hari lagi bagi virus untuk dihilangkan.

Baca juga: Dokter di Inggris Sebut Pilek dan Hidung Meler jadi Gejala Covid-19

Mereka juga menemukan bahwa virus Covid-19 bisa berkembang maksimal 12 hari setelah gejala muncul. Berdasarkan hal tersebut, tim menyimpulkan durasi penyebaran virus Covid-19 adalah pada median 7 hari dan maksimal 12 hari.

Baca Juga :  Joe Biden Optimis AS Merdeka dari Covid-19 Pada 4 Juli

“Studi tersebut menunjukkan bahwa 50 persen pasien Covid-19 menunjukkan hasil positif dalam tes PCR bahkan satu bulan setelah gejala muncul,” kata Profesor Park.

“Untuk pasien Covid-19 ringan dan sedang, virus yang menular terdeteksi hingga 12 hari. Kami berharap dapat menerapkan hasil studi untuk memberikan bukti ilmiah dalam memutuskan periode karantina mandiri yang sesuai untuk pasien Covid-19 dan mengevaluasi risiko penularan sekunder melalui kontak dekat,” tegasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment