DKI Jakarta dan Jabar Jadi Daerah Pertama Jalankan Vaksinasi Tahap Dua

KalbarOnline.com–Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjuk Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat sebagai daerah yang pertama melaksanakan vaksinasi COVID-19 tahap dua yang menyasar kelompok pelayanan publik.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, hal tersebut merupakan hasil rapat bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

”Saya barusan tadi malam (2/2) rapat dengan Pak Menteri bahwa DKI dan Jawa Barat akan menjadi pertama vaksinasi untuk pelayan publik,” kata Maxi seperti dilansir dari Antara di Gedung Sabuga, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/2).

Baca Juga :  Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu Sampaikan Program ke Kementerian Perdagangan Republik Indonesia 

Menurut dia, para kelompok pelayanan publik yang menjadi target vaksinasi Covid-19 tahap dua itu terbagi ke dalam sejumlah kelompok. Seperti guru, dosen, pedagang pasar, pengendara ojek, dan aparatur negara lain. ”Kemudian PNS, TNI, Polri, termasuk pegawai swasta, BUMN, BUMD, dan perangkat desa,” kata Maxi.

Dia menjelaskan, kelompok yang paling awal bakal menerima vaksin pada tahap kedua itu yakni merupakan kelompok pedagang di pasar. Pasalnya, kelompok itu yang paling sering berkontak dengan masyarakat luas.

”Data sasaran pasar kami sudah punya, ada di berbagai sumber yang kami punya Asparindo dan retail, tapi untuk ke depan ini tentu data bottom up itu sangat kami butuhkan,” terang Maxi.

Baca Juga :  3.989 Kasus Baru di Indonesia, Jakarta Sumbang 1.138 Positif Covid-19

Dia meminta koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah lebih dikuatkan. Pasalnya, sasaran subjek pada vaksinasi tahap dua, 12 kali lebih banyak dibandingkan tahap pertama kepada tenaga kesehatan.

”Kenapa ini harus dilakukan, karena kita mau mengejar minimal 70 persen penduduk harus mendapat kekebalan kelompok,” ujar Maxi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment