Puskesmas MHS Ketapang Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Puskesmas MHS Ketapang Laksanakan Vaksinasi Covid-19

KalbarOnline, Ketapang – Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Ketapang dimulai pada hari ini, Selasa 2 Februari 2021. Puskesmas UPTD Desa Sungai Besar kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) menjadi satu diantara fasilitas kesehatan yang melaksanakan vaksinasi.

Puskesmas UPTD Sungai Besar sendiri menerima vaksin sebanyak 94 dosis dan dimana setiap dosis berisi 0.5 cc dari Dinas Kesehatan Ketapang.

Vaksinasi perdana yang dialukan Puskesmas UPTD Desa Sungai Besar Jalan Rahadi Usman Desa Sungai Besar dimulai sejak pukul 08.30 Wib dengan turut dihadiri oleh Kapuskesmas UPTD Sungai Besar H. Darmawan, Camat MHS, Asdewi, Kapolsek MHS, AKP Sabariman, Danramil 1203-13 MHS yang diwakili Sertu Abang Rudihartono, Kades Sungai Pelang, Sungai Besar dan sungai Bakau dengan jumlah semua yang hadir sekitar 45 orang.

Camat MHS, Asdewi dalam sambutannya menyampaikan, sebagai aparatur negara pihaknya harus memberikan pengertian dan contoh kepada masyarakat untuk dapat mengikuti Vaksinasi Covid-19.

Baca Juga :  Isu Take Over PT EHP, Buruh Wanti-wanti Perusahaan Soal Hak Pekerja

“Karena hal tersebut nantinya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari terutama warga yang berkeinginan untuk berpergian baik dalam kota maupun keluar negeri terutama yang mau pergi haji ataupun umrah,” katanya.

Puskesmas MHS Ketapang Laksanakan Vaksinasi Covid-19 2

Sementara itu, Kepala Puskesmas UPTD Sungai Besar, Darmawan mengatakan kalau pihaknya telah menerima vaksin sebanyak 94 dosis dan dimana setiap dosis berisi 0.5 cc.

“Pelaksanaan vaksin dibagi dalam 2 tahap dimana setelah tahap 1 disuntikan maka akan ada jarak interval 14 hari baru disuntikkan untuk vaksin tahap keduanya,” ungkapnya.

Ia menyebut kalau vaksinasi inj dilaksanakan sebagai upaya pemerintah untuk menekan kasus covid dan mengilangkan pandemi covid sehingga pademi covid cepat berlalu sehingga roda pemerintahan dan perekonomian dapat berjalan normal kembali.

“Apabila ada resiko yang terjadi akibat vaksin penanganannya sepenuhnya akan ditanggung pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga :  Trump Positif Korona 33 Hari Jelang Pilpres AS, Jadwal Kampanye Kacau

Semenatara itu, Kapolsek MHS, AKP H. SABARIMAN menyampaikan kalau TNI-Polri siap mendukung kebijakan vaksiansi yang dilakukan pemerintah.

“Vaksin sudah melalui pengkajian dari segala bidang oleh dari pemerintah dan MUI maka sebagai anak bangsa harus kita dukung demi kebaikan kita bersama sehingga pandemi ini cepat berlalu. Sehingga ativitas dapat berjalan normal seperti biasa,” ucapnya.

Danramil 1203-13 MHS yang diwakili Sertu Abang Rudihartono mengimbau kepada masyarakat agar tidak khawatir, karena vaksin ini telah melalui pengujian dan telah dinyatakan halal serta aman melalui fatwa MUI Pusat.

“Vaksinasi bisa membantu program pemerintah untuk mengatasi pandemi covid-19,” sebutnya.

Puskesmas UPTD Sungai Besar sendiri pada tahap pertama menargetkan sebanyak 20 orang sudah selesai divaksin dan 33 orang sudah selesai tahap skrining. (Adi LC)

Comment