Jepang Bakal Perpanjang Keadaan Darurat Covid-19 hingga Satu Bulan

KalbarOnline.com – Jepang pada Selasa (2/2) diperkirakan akan memperpanjang masa keadaan darurat di Tokyo dan wilayah lain selama satu bulan lagi. Jepang tengah berusaha untuk mengatasi wabah Covid-19 bahkan saat jumlah kasus harian mulai berkurang.

Perdana Menteri Yoshihide Suga akan membuat keputusan akhir tentang perpanjangan waktu keadaan darurat itu setelah pertemuan dengan panel ahli wabah Covid-19.

“Kami akan melakukan langkah tanggapan lanjutan bila ada keadaan mendesak berdasarkan situasi medis dan penyebaran virus,” kata kepala sekretaris kabinet Jepang Katsunobu Kato.

“Jumlah kasus infeksi baru menurun, tetapi kehati-hatian masih diperlukan,” imbuh Kato.

Seperti diketahui, Suga dan pemerintahannya tetap bertekad untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 yang tertunda. Dan, dijadwalkan pada Juli-Agustus 2021, meski pandemi belum tahu kapan berakhir.

Baca Juga :  Berdasar Survei, OTG Bertanggung Jawab Atas Separo Penularan Covid-19

Pemerintah Jepang bulan lalu memberlakukan keadaan darurat satu bulan untuk 11 daerah, termasuk Tokyo dan prefektur-prefektur sekitarnya serta kota barat Osaka. Itu dilakukan untuk memerangi gelombang virus Korona ketiga dan paling mematikan di negara itu.

Namun, langkah-langkah resmi untuk mengendalikan penyebaran virus Korona telah terhambat oleh kurangnya tindakan hukum, termasuk sanksi apa pun, yang berarti pemerintah hanya dapat mengimbau orang untuk mengikuti arahan.

Akan tetapi, hal itu mungkin berubah akhir pekan ini dengan berlakunya revisi undang-undang tindakan khusus virus Korona yang akan memungkinkan pihak berwenang untuk mengenakan denda kepada orang-orang yang melanggar hukum. Revisi tersebut disahkan majelis rendah Jepang pada Senin (1/2) dan diharapkan akan disetujui oleh majelis tinggi pada Rabu (3/2).

Baca Juga :  Tak Ada Klaster Covid-19 di Masjid, Bukti Protokol Kesehatan Dipatuhi

Di bawah keadaan darurat saat ini, yang dijadwalkan berakhir pada Minggu (7/2), restoran dan bar diminta untuk buka lebih singkat dan warga didorong untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah.

Dukungan untuk pemerintahan Suga telah berkurang karena banyak orang kecewa dengan langkah penanganan pandemi. Bahkan, pemerintahan Suga dikecam setelah beberapa anggota parlemen koalisi yang berkuasa mengaku melanggar peraturan dengan mengunjungi kelab malam dan bar pada larut malam.

Satu anggota parlemen mengundurkan diri pada Senin (1/2) dan tiga lainnya meninggalkan Partai Demokrat Liberal (LDP) Suga.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment