Cara Atasi dan Mengetahui Masalah Kampas Kopling yang Mudah

KalbarOnline.com – Salah satu komponen paling vital pada kendaraan roda empat adalah kopling. Kondisi kopling selip bisa terjadi kapan saja, dan ini bisa menjadi penyebab kecelakaan tanpa kita sadari.

Tak sedikit pengendara yang tidak mengetahui mengapa kopling tiba-tiba selip.  Banyak faktor yang sering diabaikan oleh pemilik mobil seperti membiarkan aus karena umur kampas kopling, atau bisa juga karena gaya berkendara yang ugal-ugalan.

Cara mengatasi kampas kopling selip merupakan hal yang wajib diketahui sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika berkendara di jalanan. Karena kampas kopling yang selip ini sangat mengganggu dan bisa juga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Penyebab Kampas Kopling Selip

Komponen Sudah Berumur
Walaupun sudah menggunakannya dengan cara sebaik mungkin, jika sudah aus karena umur, maka komponen memang waktunya diganti. Sebaiknya Anda mencatat kapan terakhir kali mengganti kampas kopling.

Gaya Berkendara Buruk
Tidak semua orang yang bisa mengendarai mobil berkendara dengan cara yang tepat. Seringkali beberapa orang mengendarai dengan cara sembarangan, ini berakibat mempercepat kerusakan komponen mobil.

Baca Juga :  Honda dan Acura Pamer Teknologi di Ajang Auto China 2020 Minggu Depan

Menahan setengah kopling saat tanjakan dan melakukan perpindahan gigi tanpa melepas pedas gas bisa berisiko memperpendek usia koplingnya.

Mobil Sering Bawa Barang Berat
Setiap mobil biasanya sudah tertera berapa berat barang bawaan yang boleh dibawa. Produsen mobil pun tentunya sudah menguji berapa berat maksimal yang bagus dan aman untuk mobil. Beberapa orang memaksa memuat barang melebihi kapasitas yang dibolehkan. Hal inilah yang bisa membuat kopling cepat rusak karena bekerja lebih ekstra.

Asal Kasih Oli Transmisi
Tidak semua yang lebih mahal itu lebih bagus. Memberikan oli transmisi asal-asalan meski kita menganggapnya oli tersebut lebih mahal, maka bisa berakibat kopling jadi selip. Gunakan oli transmisi yang sesuai dengan mobilmu. Tidak perlu yang lebih mahal, cukup beli yang sesuai saja.

Cara Mengatasi Kampas Kopling Selip

Ganti Oli Transmisi
Jika  mencurigai Anda telah salah memberikan oli transmisi, maka langkah untuk mengatasi kampas kopling yang selip adalah menggantinya dengan oli transmisi yang sesuai dengan spesifikasi mobil.

Baca Juga :  Awal Tahun Honda PCX160 Meluncur Varian Termurah Rp39 Jutaan

Melakukan Penyetelan
Karena kopling ini urusan yang cukup rumit,  bisa menyerahkan urusan penyetelan kopling di bengkel resmi. Ada beberapa kasus di mana kopling memang cuma renggang saja. Biasanya cukup dikembalikan ke posisi semua, sudah manjur dan bisa digunakan seperti biasanya.

Ganti Komponen Kopling Baru
Bila ternyata dua cara sebelumnya tidak manjur, maka cara terakhir adalah mengganti dengan komponen kopling yang baru. Jika sudah seperti ini Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Untuk pilihan ini akan menghabiskan biaya sekitar 2 jutaan hingga 6 jutaan tergantung jenis mobilnya.

Karena biaya ganti komponen kopling baru ini mahal, maka  perlu memperhatikan gaya berkendara  apakah sudah tepat atau tidak. Jika gaya berkendara masih ugal-ugalan Anda harus memperbaikinya atau menanggung biaya kerusakan komponen yang harganya cukup mahal. Semoga bermanfaat.

Comment