Bahan Baku 10 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Bio Farma

KalbarOnline.com–Dua kendaraan yang mengangkut bahan baku 10 juta dosis vaksin Covid-19 tiba di kompleks PT Bio Farma di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (2/2). Aparat TNI dan Polri mengawal pengiriman bahan baku vaksin buatan perusahaan farmasi Tiongkok, Sinovac, tersebut hingga penurunan bahan baku dari kendaraan untuk dipindahkan ke fasilitas produksi vaksin milik PT Bio Farma.

Sekretaris PT Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan, bahan baku tersebut akan diolah menjadi produk vaksin.

”Semua bulk (bahan baku) ini, setelah diolah menjadi produk jadi, terlebih dahulu harus melalui serangkaian uji mutu atau quality control yang ketat yang dilakukan di laboratorium Bio Farma dan juga laboratorium BPOM. Ini untuk memastikan produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang memenuhi syarat,” kata Bambang seperti dilansir dari Antara, Selasa (2/2).

Baca Juga :  Siap-siap Menjerit, Pemerintah Pangkas Jatah Pupuk Subsidi Sejumlah Komoditi

Dia mengatakan, dengan adanya komitmen dari pemerintah untuk mendatangkan bahan baku vaksin lebih cepat, proses penyediaan vaksin untuk keperluan vaksinasi Covid-19 bisa lebih cepat pula.

”Kita bisa juga percepat sampai dengan Juli. Jadi pada Juli, 140 juta dosis sudah datang bisa kita proses,” terang Bambang Heriyanto.

Baca Juga :  Tunggu Vaksin Covid-19, Singapura Yakin Tak Akan Masuk Antrean Panjang

Dia mengatakan, PT Bio Farma menggunakan fasilitas dengan kapasitas produksi 100 juta dosis vaksin dalam satu tahun untuk mengolah bahan baku vaksin Covid-19. Kapasitas fasilitas produksi, bisa ditingkatkan menjadi 150 juta dosis vaksin per tahun pada Maret kalau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan persetujuan penggunaan fasilitas produksi lagi.

”Sebetulnya kita punya total kapasitas 250 juta, tapi baru satu fasilitas produksi yang disetujui BPOM, karena untuk produksi harus dilihat juga kualitasnya,” tutur Bambang Heriyanto.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment