Pemkab Harap PKBM Bantu Pemerintah Tingkatkan IPM Ketapang

Pemkab Harap PKBM Bantu Pemerintah Tingkatkan IPM Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati, Asisten Sekda Ketapang bidang perekonomian, pembangunan dan Kesra, Marwan Noor menghadiri pembukaan Musyawarah Daerah Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (FK PKBM) Kabupaten Ketapang tahun 2021, Sabtu (30/1/2021) di Hotel Asana Nevada Ketapang.

Asisten II menyambut baik keberadaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Hadirnya pusat kegiatan belajar masyarakat di Kabupaten Ketapang menurutnya, dipandang penting untuk peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) masyarakat Kabupaten Ketapang.

“Dengan adanya lembaga PKBM, bisa meningkatkan rata-rata lama sekolah dan percepatan pencapaian wajar belajar 12 tahun,” ujarnya.

“Untuk itu saya mendorong para ketua dan pengurus PKBM serta SPNF SKB Ketapang untuk melakukan kerjasama dengan baik dengan Dinas Pendidikan untuk melaksanakan program-program pendidikan non formal dan untuk terus menjaring seluruh lapisan masyarakat baik yang putus sekolah ataupun yang belum memiliki kesempatan bersekolah agar memiliki ketertarikan dan keinginan menjadi warga belajar di satuan pendidikan non formal PKBM atau SPNF SKB,” timpalnya.

Baca Juga :  Jurnalis dan Mahasiswa Ketapang Gelar Aksi Damai : Kecam Tindakan Intimidasi Aparat

Kepada SKB (Sanggar Belajar Mengajar), dia berharap melalui sarana PKBM dan SPNF SKB dapat membantu Pemerintah Kabupaten Ketapang dalam menuntaskan angka buta huruf.

“Melalui Musda Forum PKBM ini saya juga berharap dapat disusun berbagai program inovatif yang dapat menarik minat anak usia sekolah untuk kembali bersekolah, menarik minat warga masyarakat yang belum memiliki kesempatan bersekolah untuk bersekolah,” ucapnya.

Baca Juga :  Pesta Budaya Adat Karo "Gendang Guro-guro Aron" Tahun 2023 Resmi Digelar

Selain itu dia juga mengharapkan agar Forum PKBM juga dapat merancang kegiatan-kegiatan pelatihan keterampilan dan kecakapan hidup yang dapat meningkatkan keterampilan warga masyarakat agar mereka dapat membuka usaha sendiri atau berwirausaha sehingga berdampak pada perekonomian mereka secara khusus dan peningkatan ekonomi Kabupaten Ketapang guna melanjutkan visi Ketapang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera.

Di akhir sambutannya, mantan Kepala Dinas Kominfo ini kembali mengingatkan masyarakat Kabupaten Ketapang agar tetap selalu menjaga protokol kesehatan dengan melakukan 3 M yaitu dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

“Marilah kita bersama-sama berdoa agar pademi virus corona ini segera berakhir,” pungkasnya.

Comment