Selidiki Asal Usul Virus Korona, Tim Peneliti WHO Datangi Pasar Huanan

KalbarOnline.com – Tim ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal mula Covid-19 di Kota Wuhan, pada Minggu (31/1) mengunjungi pasar Huanan. Itu merupakan pusat grosir makanan laut tempat pertama kali virus Korona jenis baru ditemukan.

Seperti diketahui, akses bagi masyarakat ke pasar itu yang kini dijaga ketat oleh petugas sangat dibatasi sejak ditutup awal tahun lalu. Sebelumnya, pasar yang menjual berbagai macam daging, makanan laut, dan sayuran itu ramai dikunjungi warga Tiongkok, khususnya Wuhan.

Sejumlah diplomat Tiongkok dan media pemerintah mengatakan bahwa mereka yakin pasar itu bukanlah sumber kemunculan virus Korona jenis baru. Mereka juga mendukung teori bahwa virus tersebut bisa saja berasal dari negara lain.

Baca Juga :  Bupati Fransiskus Diaan Hadiri Peresmian Sekretariat Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kapuas Hulu

Pada 31 Desember 2019 setelah empat kasus misterius pneumonia dikaitkan dengan pasar Huanan, tempat tersebut langsung ditutup. Kemudian, Wuhan dalam kondisi lockdown selama 76 hari. Para ahli berpendapat bahwa pasar Huanan masih memiliki peran dalam pelacakan asal mula virus Korona karena klaster kasus pertama terdeteksi di lokasi tersebut.

Setelah mengunjungi pasar Huanan, tim peneliti WHO bakal mendatangi Institut Virologi Wuhan. Penyelidikan WHO di Wuhan sempat menemui beberapa kendala seperti penundaan, kekhawatiran soal akses, dan perdebatan antara Tiongkok dan Amerika Serikat, yang menuding Tiongkok menyembunyikan penyebaran Covid-19 pada awal pandemi. AS juga mengkritik syarat kunjungan, yang juga diikuti para ahli Tiongkok ketika melakukan riset tahap pertama.

Baca Juga :  Memanasnya Hubungan Tiongkok dan AS Picu Keresahan Para Akademisi

Tim WHO sebelumnya dijadwalkan tiba di Wuhan awal Januari. Penundaan kunjungan oleh pemerintah Tiongkok menuai kritik terbuka yang jarang dilakukan kepala WHO. WHO sendiri dituduh mantan Presiden AS Donald Trump berkiblat ke Tiongkok.

Saksikan video menarik berikut ini

Comment