Herman Deru Sambut Baik Hadirnya JMSI di Sumsel

KalbarOnline.com — Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H Herman Deru menyambut baik hadirnya pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumsel. Dia mengharapkan JMSI harus mampu memberikan edukasi bagi para pemilik perusahaan pers di Sumsel dalam menciptakan pers yang sehat.

“JMSI harus merekontruksi pemberitaan terhadap masyarakat Sumsel. Sehingga terbangun kepecayaan terhadap informasi yang diberikan oleh pers itu sendiri,” ucap HD pada acara pelantikan pengurus wilayah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumsel periode 2020-2025 di Griya Agung Palembang, Sabtu (30/1/2021).

JMSI juga diminta memberikan edukasi terkait penyajian pers dan pemberitaan yang berimbang bagi masyarakat Sumsel agar tidak terjadi diskomunikasi ataupun hoaks.

“Selamat kepada pengurus JMSI Sumsel. Adanya pelantikan ini legalitas kepengurusan kedepan lebih jelas,” terangnya.

HD juga meminta JMSI ikut menjadi mitra pemerintah, terutama dalam mewujudkan pembangunan yang merata di Sumsel. “Kita senang kalau ikut dikontrol. Mari kita sama-sama membangun kepercayaan masyarakat karena juga akan berefek kepada pembangunan yang merata di Sumsel,” ajaknya.

Baca Juga :  Diduga jadi PSK, Tujuh Perempuan di Bawah Umur Diamankan Satpol Kota Tangerang

Kemudian, HD mengajak JMSI ikut serta menjadi mitra pemerintah dalam mensosialisasikan protokol kesehatan dengan cara mengajak masyarakat menerapkan 3M.

“Tugas JMSI sudah menanti, yakni harus memberikan informasi yang akurat dan berimbang bagi masyarakat Sumsel di zaman keterbukaan IT seperti saat ini,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum JMSI Pusat, Teguh Santosa mengatakan, mewujudkan kemerdekaan Pers yang profesional dan sehat adalah tugas semua pihak, termasuk pemerintah.

Herman Deru Sambut Baik Hadirnya JMSI di Sumsel 2

“JMSI hadir untuk mewujudkan komitmen menjadikan ekosistem pers di Sumsel menjadi lebih baik lagi,” paparnya.

Keberadaan JMSI di Sumsel, ungkapnya, juga bertujuan untuk memberikan payung organisasi bagi perusahaan pers siber dalam melawan disinformasi.

“JMSI mengakomodir media massa berbasis siber atau online, bukan media sosial. Tugasnya membina para pengelola media siber agar menjadi perusahaan pers yang profesional dan sehat atau bertanggungjawab,” tegasnya.

Baca Juga :  Postingan Terkaiat Habib Rizieq Diblokir Facebook, Warganet Lakukan Ini

Ketua Umum JMSI Sumsel periode 2020-2025, Agus Harizal mengaku siap mengemban amanah dan mewujudkan pers Sumsel yang lebih baik. “JMSI siap menjadi organisasi perusahaan online yang profesional dengan memberikan berita yang akurat kepada masyarakat Sumsel,” ucapnya.

Pihaknya akan membentuk JMSI tingkat Kabupaten/kota di Sumsel dan akan terus berupaya mengembangkan sayap kesejumlah daerah di Sumsel.

Turut hadir Ketua DPRD Sumsel, Hj. Anita Noeringhati, Pangdam II Sriwijaya diwakili Kahubdam II SWJ, Kol. CHB. Yanuar Kurniawan, dan Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Prof. Edward Juliartha.

Hadir juga Kadis Kominfo Provinsi Sumsel, H. Achmad Rizwan, Kasat Pol PP, M. Aris Saputra, Kaban Kesbangpol, Kurniawan dan Plt. Karo Umum dan Perlengkapan, Sandi Fahlepi. (ind)

Comment