Jokowi Sebut NU Garda Terdepan dalam Membela Kepentingan Indonesia

KalbarOnline.com–Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sebelum Indonesia merdeka, Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi yang memberikan kontribusi nyata untuk mencapai kemerdekaan. NU juga turut mengisi pembangunan Indonesia.

Menurut Jokowi, semua masyarakat bersyukur dan berterima kasih kepada NU yang senantiasa konsisten membela Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan UUD 1945.

”Di tengah perubahan dan tantangan zaman yang semakin kompleks, NU juga selalu berada di garda terdepan dalam membela kepentingan bangsa dan negara. Kita semua melihat bukti NU berperan besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, menggerakkan semangat nasionalisme, dan semangat toleransi serta dalam melawan segala bentuk radikalisme dan terorisme,” ujar Jokowi secara virtual dalam Harlah NU ke-95 di Jakarta, Sabtu (30/1).

Baca Juga :  RSUD Soedarso Gelar Kalbar Hospital Expo 2023, Tampilkan Perkembangan Teknologi Rumah Sakit di Era Digitalisasi

Peran strategis para kiai dan ibu nyai serta para santri bersama-sama seluruh pemangku kepentingan bangsa ikut membangun masa depan Indonesia. Hal itu sangat diharapkan apalagi dalam menjawab tantangan era revolusi industri jilid keempat dan kompetisi global sekarang ini.

Jokowi mengaku bangga menyaksikan para nahdliyin muda dan para santri berperan aktif dalam pemberdayaan ekonomi umat yang berbasis pesantren.

”Setiap saya mengunjungi pesantren-pesantren saya melihat optimisme, karena saya melihat para santri tidak hanya paham ilmu agama tapi juga wirausaha. Bahkan saat ini para santri sudah melek digital dan tidak sedikit yang jadi pelopor teknologi informasi yang bisa membawa manfaat nyata bagi negeri ini,” ujar Jokowi.

Baca Juga :  Menag Akan Minta Presiden Buat Perpres Penguatan Moderasi Beragama

”Semoga Allah SWT senantiasa merahmati dan memberkahi NU serta warga nahdliyin di seluruh dunia. Mari kita dukung terus NU agar bergerak dan terus berkontribusi untuk kehidupan bangsa Indonesia dan memajukan peradaban dunia dengan spirit Islam nusantara yang rahmatan lil amin,” ucap Jokowi.

Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia. Organisasi itu berdiri pada 31 Januari 1926 dan bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, sosial, dan ekonomi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment