Fuso Kuasai Pasar di Segmen Light Duty Truck Meskipun Pandemi

KalbarOnline.com – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), kembali membuktikan posisinya sebagai brand kendaraan niaga paling populer dan terpercaya di Indonesia.

Hal ini melihat catatan KTB yang memperoleh pangsa pasar absolut, 48.1% di tahun 2020 (meningkat 4.8 poin dari tahun 2019) di tengah kondisi pandemi. Di mana pasar kendaraan niaga mengalami penurunan sebesar 48.2% dari tahun sebelumnya.

Seperti diketahui di 2020, ada aturan menjaga jarak selama PSBB telah mengubah paradigma interaksi antara perusahaan dan pelanggannya. Namun, perubahan ini tidak mengurangi komitmen KTB, bahkan memperkuat komitmennya untuk melayani pelanggan.

Agar komunikasi dengan pelanggan tetap terjaga selama PSBB berlangsung, KTB dengan sigap beradaptasi. Tetap terkoneksi dengan pelanggan melalui perangkat digital seperti virtual gathering, media sosial, transaksi online melalui Tokopedia, hingga program service di rumah.

Baca Juga :  Hal Penting Dilakukan Saat Pengecekan Mobil Sebelum Diajak Liburan

FUSO End Year Program sebagai perayaan 50 Tahun KTB dimulai sejak November telah menarik 3,000 pelanggan untuk menghadiri acara yang dilakukan secara virtual. Serta 10,000 pelanggan yang mendaftar program Lucky Draw pada 21 Januari 2021.

Naoya ‘Rocky’ Takai, Presiden Direktur KTB mengatakan, “Dalam menghadapi pandemi, saya pastikan kembali bahwa sudah menjadi prioritas utama kami dalam mendukung pelanggan dalam kondisi apapun. Tanggung jawab kami memastikan armada pelanggan selalu dalam kondisi optimal”.

KTB menawarkan berbagai program layanan purna jual diantaranya Mobile Workshop Service, kemudian sistem telematik Runner. Sistem ini terbukti positif dapat meningkatkan efektivitas operasional.

Mitsubishi Fuso mencatat 24,000 unit kendaraan terjual selama 2020, dengan pangsa pasar 48.1%, di tengah penurunan pasar yang cukup signifikan: 49,921 unit di tahun 2020, turun 48.2% dari sebelumnya 96,465 unit di 2019.

Baca Juga :  All New Hyundai Tucson Generasi Empat Segera Meluncur Ini Bocorannya

Kontribusi terbesar penjualan Mitsubishi Fuso berasal dari segmen light duty truck (LDT), produk Colt Diesel terjual sebanyak 22,243, dengan pangsa pasar absolut 58%, kemudian di segmen medium duty truck (MDT), produk Fuso dan Fighter terjual sebanyak 1,757 unit dengan pangsa pasar 22.4%.

Sebagai informasi Figther, generasi baru MDT dari Mitsubishi Fuso, dilengkapi dengan peningkatan fitur keselamatan dan kenyamanan serta mesin berteknologi common-rail. Sejak peluncurannya di 2019, produk ini diterima dengan baik oleh pelanggan.

Nantinya semua kendaraan niaga diwajibkan menggunakan mesin common-rail pada saat implementasi EURO-4 dilaksanakan. Untuk itu, KTB sebagai pelopor dari teknologi ini, akan fokus melakukan sosialisasi untuk pemahaman pelanggan yang lebih baik.

KTB akan terus berkomitmen untuk menjadi Andalan Bisnis Sejati yang senantiasa mendukung pelanggan untuk 50 tahun mendatang.

Comment