Categories: Teknologi

Perhatikan Baik-Baik, Samsung Galaxy S21 Dijual Tanpa Charger

KalbarOnline.com-Samsung mulai menghapus kepala pengisi daya, head charger, di boks ponsel Galaxy S21 yang baru saja meluncur, termasuk untuk pasar Indonesia.

Manajer Pemasaran Produk Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia Taufiqul Furqan mengatakan, langkah itu merupakan komitmen mereka terhadap keberlanjutan lingkungan hidup. ’’Ini salah satu upaya kami untuk mengurangi sampah elektronik,’’ kata Taufiq saat jumpa pers online, Jumat sore (29/1), seperti dikutip dari Antara.

Di Indonesia, Samsung sering menggelar program trade-in atau tukar tambah ketika mereka meluncurkan produk baru, terutama untuk ponsel flagship. Pengalaman mereka selama ini, konsumen hanya menjual ponsel saja, tanpa kardus dan aksesori yang menyertainya. ’’Banyak orang yang masih menggunakan charger lama karena tidak ikut ditukar,’’ kata Taufiq.

Hal ini juga dibenarkan oleh Lucky Sebastian, pengamat gawai dan pendiri komunitas Gadtorade, bahwa banyak orang yang menggunakan pengisi daya yang sudah ada ketika mereka punya ponsel baru. Lucky mengaku sering kali menemukan pernyataan charger belum pernah dipakai ketika anggota komunitas tersebut menjual ponsel bekas pakai.

Absennya kepala pengisi daya ini akan ditemui di seri flagship saja. Samsung Electronics Indonesia belum memberikan kepastian soal ketiadaan charger di seri lainnya, termasuk seri Galaxy A dan Galaxy M.

Meski pun dijual tanpa kepala charger, hanya memberikan USB Type C to C, Samsung Indonesia tidak khawatir pengguna akan kesulitan. Mereka sudah memperkenalkan USB Type C sejak 2017 lalu, pun ponsel Android keluaran terbaru sudah menggunakan kabel tipe tersebut. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Sekda Alexander Apresiasi Capaian WTP ke-10 Pemkab Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Sekda Ketapang, Alexander Wilyo memberikan apresiasi atas penerimaan opini Wajar Tanpa Pengecualian…

13 mins ago

Sempat Diguyur Hujan, Sekda Ketapang Tutup Resmi Pekan Gawai Dayak ke-IV Kecamatan Nanga Tayap

KalbarOnline, Ketapang - Sempat diguyur hujan, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo yang juga selaku Patih Jaga…

16 mins ago

Sukses Menambah Pelanggan, Kunci Membaiknya Kinerja PLN 2023, Terbanyak dari Golongan Rumah Tangga

KalbarOnline, Jakarta - PT PLN (Persero) sukses mencatatkan penambahan pelanggan sebanyak 3,5 juta menjadi total…

24 mins ago

Sekda Mohd Zaini Buka FGD Penyusunan Dokumen Rencana RPPLH Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, Mohd Zaini membuka FGD Penyusunan Dokumen Rencana Perlindungan…

2 hours ago

Kantor BKD Kayong Utara Terbakar

KalbarOnline, Kayong Utara - Akibat korsleting listrik, Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kayong Utara…

5 hours ago

Sopir Bus Damri Meninggal dalam Perjalanan dari Pontianak ke Pangkalanbun

KalbarOnline, Pontianak - Seorang sopir bus Damri meninggal dunia dalam perjalanan dari Pontianak menuju Pangkalanbun,…

5 hours ago