Perhatikan Baik-Baik, Samsung Galaxy S21 Dijual Tanpa Charger

KalbarOnline.com-Samsung mulai menghapus kepala pengisi daya, head charger, di boks ponsel Galaxy S21 yang baru saja meluncur, termasuk untuk pasar Indonesia.

Manajer Pemasaran Produk Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia Taufiqul Furqan mengatakan, langkah itu merupakan komitmen mereka terhadap keberlanjutan lingkungan hidup. ’’Ini salah satu upaya kami untuk mengurangi sampah elektronik,’’ kata Taufiq saat jumpa pers online, Jumat sore (29/1), seperti dikutip dari Antara.

Di Indonesia, Samsung sering menggelar program trade-in atau tukar tambah ketika mereka meluncurkan produk baru, terutama untuk ponsel flagship. Pengalaman mereka selama ini, konsumen hanya menjual ponsel saja, tanpa kardus dan aksesori yang menyertainya. ’’Banyak orang yang masih menggunakan charger lama karena tidak ikut ditukar,’’ kata Taufiq.

Baca Juga :  Sony Dikabarkan Mempersiapkan Mirrorless Full Frame Ekonomis

Hal ini juga dibenarkan oleh Lucky Sebastian, pengamat gawai dan pendiri komunitas Gadtorade, bahwa banyak orang yang menggunakan pengisi daya yang sudah ada ketika mereka punya ponsel baru. Lucky mengaku sering kali menemukan pernyataan charger belum pernah dipakai ketika anggota komunitas tersebut menjual ponsel bekas pakai.

Baca Juga :  FLOU Cloud Hadir Untuk Penuhi Kebutuhan Transformasi Bisnis di 2021

Absennya kepala pengisi daya ini akan ditemui di seri flagship saja. Samsung Electronics Indonesia belum memberikan kepastian soal ketiadaan charger di seri lainnya, termasuk seri Galaxy A dan Galaxy M.

Meski pun dijual tanpa kepala charger, hanya memberikan USB Type C to C, Samsung Indonesia tidak khawatir pengguna akan kesulitan. Mereka sudah memperkenalkan USB Type C sejak 2017 lalu, pun ponsel Android keluaran terbaru sudah menggunakan kabel tipe tersebut. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment