Menlu Blinken: AS Berpihak ke ASEAN Soal Sengketa Laut China Selatan

KalbarOnline.com – Amerika Serikat (AS) menolak klaim Tiongkok atas Laut China Selatan yang berada di luar persetujuan hukum internasional. Selain itu, Blinken mengatakan AS berpihak kepada negara-negara ASEAN untuk melawan tekanan Tiongkok. Hal ini seperti dikatakan oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Blinken menyatakan hal tersebut dalam percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin. Dia juga menekankan mengenai pentingkan perjanjian pertahanan yang telah ada sejak lama antara negara sekutu, dan penerapannya jika suatu saat Filipina diserang di kawasan Laut China Selatan.

“Menteri Blinken berjanji untuk berpihak kepada negara claimants (yang mengklaim area di kawasan sengketa, red) dalam menghadapi tekanan RRC,” menurut keterangan kementerian, merujuk pada Tiongkok seperti dilansir Reuters.

Baca Juga :  Fakta Menarik di Balik Hari Nasional Republik Rakyat Tiongkok

“Menteri Blinken menekankan pentingnya Traktat Pertahanan Bersama untuk keamanan kedua negara serta penerapannya secara jelas terhadap serangan bersenjata melawan pasukan bersenjata Filipina, kapal publik, atau pesawat di Pasifik, termasuk Laut China Selatan,” tambah Kementerian.

Jaminan dari Blinken itu dinyatakan setelah Locsin menyebut bahwa Filipina telah menyampaikan nota diplomatik untuk memprotes pengesahan hukum di Tiongkok yang dapat memungkinkan keamanan laut negara itu menembak kapal asing. Locsin menyebut hukum Tiongkok itu sebagai ancaman perang.

Tiongkok mengesahkan peraturan tersebut pada Jumat (22/1), mengizinkan pasukannya untuk menggunakan semua langkah yang diperlukan untuk menghentikan atau mencegah ancaman dari kapal-kapal asing, termasuk menghancurkan bangunan negara lain yang berlokasi di perairan yang diklaim Tiongkok.

Baca Juga :  Penyebar Super Covid-19 di Tiongkok Tulari 23 Penumpang Bus

Di Laut China Selatan yang juga rute perdagangan utama, Tiongkok mengklaim hampir seluruh area yang kaya akan sumber energi. Sementara Filipina, Brunei, Vietnam, dan Malaysia adalah negara di ASEAN yang mempunyai klaim tumpang tindih di kawasan tersebut.

Taiwan, yang dianggap Tiongkok sebagai bagian dari negaranya namun menganggap dirinya sebagai negara sendiri, juga ikut mengklaim area di kawasan perairan sengketa tersebut. AS telah mengirimkan sekelompok kapal perang melalui kawasan dengan tujuan yang disebutnya sebagai kebebasan di perairan Laut China Selatan. C

Juru Bicara Presiden Filipina Rodrigo Duterte, sebelumnya mengatakan Filipina berharap tidak ada satupun negara yang akan melakukan aksi untuk meningkatkan ketegangan di kawasan tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment