Menko PMK Apresiasi IKA ITS Donasikan 530 Gawai Dukung PJJ

KalbarOnline.com – Pandemi Covid-19 telah menyebabkan darurat pendidikan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Peserta didik dan guru terpaksa mengubah kegiatan belajar mengajar tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) guna memutus mata rantai penyebaran virus.

Dalam pelaksanaan metode PJJ melalui daring, beberapa sekolah mengalami kendala karena guru dan murid tidak semuanya memilliki gawai dan akses internet. Oleh karena itu, Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) menginisiasi gerakan pengumpulan donasi “Gotong Royong Dukung Pembelajaran Jarak Jauh”.

Alhasil, gerakan tersebut berhasil mengumpulkan 530 gawai yang dilengkapi dengan kartu perdana internet. Disamping itu IKA ITS juga menyerahkan sejumlah 530 set perlengkapan school covid kit yang berisi masker, hand sanitizer dan sabun cuci tangan guna mendukung penerapan protokol kesehatan oleh murid-murid dan guru-guru.

Baca Juga :  Menko PMK: Vaksin Bukan Senjata Pemungkas Lawan Covid-19

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengakui bahwa PJJ masih memiliki kendala sejak awal adanya pandemi. PJJ cukup sulit untuk dilakukan di daerah yang mengalami kendala akses internet dan ketiadaan gawai karena rendahnya tingkat ekonomi masyarakat.

Karena itu, Muhadjir menyampaikan apresiasi kepada IKA ITS yang telah menggalang aksi donasi gawai. “Sumbangan dari IKA-ITS ini diharapkan membantu sejumlah siswa dan guru dalam melanjutkan pembelajaran yang berkualitas dan memanfaatkan kemajuan Iptek Revolusi Industri 4.0. Jangan sampai pandemi ini juga menjadikan generasi penerus kita tertinggal dalam pendidikannya,” terang dia dalam keterangannya, Rabu (27/1).

Baca Juga :  Terkait Penundaan Sidang Ahok, Kejati DKI: Yang Berkompeten Yaitu Hakim, PH dan JPU

Adapun, Ketua Umum IKA ITS Sutopo Kristanto mengatakan bahwa bantuan ini dilakukan atas dasar kepedulian pihaknya pada penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Hal ini harapannya dapat membantu mereka yang membutuhkan.

“Namun demikian kami memberanikan diri untuk menggalang donasi secara bergotong royong dengan semangat meringankan beban dan kesulitan para guru dan murid di tengah pandemi. Betapa pun kecilnya bantuan yang dapat kami berikan, itu lah simbol kepedulian kami,” imbuhnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment