Menkes Harapkan Prokes Lebih Dipatuhi untuk Tekan Penyebaran Covid-19

KalbarOnline.com – Kasus positif virus korona atau Covid-19 di Indonesia tembus satu juta jiwa pada Selasa (26/1) kemarin. Secara nasional sebanyak 1.012.350 orang terkonfirmasi Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta kolaborasi dan sinergi lintas sektor program serta kontribusi masyarakat diharapkan bisa mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Sehingga beban fasilitas pelayanan kesehatan tidak terlalu berat.

Budi Sadikin menekankan tanggung jawab pemerintah utamanya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada upaya 3T yakni testing tracing dan treatment. Di sisi lain, tempat isolasi juga harus disediakan dan dijadikan sebagai tempat yang nyaman supaya masyarakat yang terkena virus lekas sembuh.

’’Kami di Kementerian Kesehatan akan bekerja keras, sangat keras untuk memastikan bahwa program testing, program tracing atau pelacakan, dan program isolasi kita bisa lakukan dan kita eksekusi dengan baik,’’ kata Budi dalam keterangannya, Rabu (27/1).

Baca Juga :  Kata BUMN Soal Ahok Ungkap Peruri Minta Dana Rp 500 Miliar

Budi lantas mengharapkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan 3M diantaranya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sehingga diharapan menjadi gerakan disiplin masyarakat sebagai tameng untuk perlindungan dari terpapar Covid-19.

Budi meyakini, masyarakat Indonesia memiliki modal sosial yang besar untuk bersama-sama bersatu padu menghentikan laju penularan virus Covid-19.

’’Kita harus bekerja keras mengingatkan diri kita sendiri, mengingatkan teman-teman kita, mengingatkan keluarga kita, dan seluruh rakyat yang ada di lingkungan kita, agar kita disiplin protokol kesehatan. Kita memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, itu adalah satu hal utama yang harus dilakukan untuk mengurangi laju penularan virus ini,’’ imbaunya.

Baca Juga :  Jangan Habiskan Energi Untuk Kelompok yang Memproduksi Ketidaktertiban

Budi menyebut, selama pandemi Covid-19 sebanyak 28.468 orang, termasuk didalamnya lebih dari 600 tenaga kesehatan telah gugur. Budi menyampaikan, duka mendalam dan doa terbaik bagi keluarga yang ditinggalkan.

Karena itu, Budi meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk Bersama sama bekerja keras sehingga pengorbanan ini tidak sia sia. ’’Kita harus sadar bahwa kita harus terus bekerja sangat keras sehingga pengorbanan yang sudah dilakukan oleh masyarakat kita terutama tenaga kesehatan itu tidak sia-sia,’’ tegasnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment