Jenderal Idham Azis Resmi Serahkan Jabatan Kapolri ke Listyo Sigit

KalbarOnline.com – Tongkat kepemimpinan tertinggi Polri telah resmi berpindah. Jenderal Pol Idham Azis resmi menyerahkan jabatannya kepada Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam upacara serah terima jabatan di Rupatama Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/1).

Proses serah terima jabatan ditandai dengan penyerahan Panji Tribrata dari Idham kepada Listyo. Dilanjutkan dengan penyerahan jabatan Ketua Umum Bhayangkari dari Fitri Idham Azis kepada Juliati Sigit Prabowo.

“Atas nama pribadi dan keluarga saya ucapkan selamat kepada Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Ibu Juliati Sigit Prabowo atas kepercayaan dan amanah dari Presiden RI untuk memimpin Kepolisian Republik Indonesia,” kata Idham saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Sigit juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada Idham. Menurutnya, Idham telah memimpin Polri dengan baik. Selain itu, berbagai prestasi sudah diukir oleh Idham selama menjadi anggota Polri.

Baca Juga :  Mahasiswa Hukum Untan Pertanyakan Beberapa Hal Terkait Kondisi Nasional, Ini Jawaban Kapolri

“Pada momentum bersejarah ini, saya atas nama jajaran Kepolisian Republik Indonesia saya ucapkan terimakasih kepada Jenderal Idham Azis,” ucap Sigit.

Sebelumnya, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebaga Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. Pelantika dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (27/1).

“Mengangkat Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisia Republik Indonesia. Keputusan Presiden ini berlaku sejak mulai menjabat,” ucap Sekretaris Militer Presiden membacakan Keputusan Presiden.

Proses selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan sebagai Kapolri. Pembacaan sumpah dipimpin oleh Jokowi dan diulang oleh Listyo.

Baca Juga :  Ganjar: Input Data Pusat Delay, Jateng Masih 7.463 Kasus Covid-19

Baca juga: Jokowi Resmi Lantik Listyo Sigit Menjadi Kapolri

“Demi Tuhan yang Maha Esa. Saya menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjungjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjungjung tinggi Tribata. Kiranya tuhan menolong saya,” ucap Jokowi yang diulangi oleh Listyo.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment