Pemkab Kubu Raya Dukung Pemugaran Makam Pahlawan

Pemkab Kubu Raya Dukung Pemugaran Makam Pahlawan

KalbarOnline, Kubu Raya – Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menyambut baik, wacana Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat merenovasi Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya, di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Hal tersebut diutarakan Sujiwo saat menghadiri Upacara dan Ziarah dalam rangka mengenang jasa-jasa pahlawan, juga merupakan rangkaian HUT ke-64 Pemprov Kalbar.

“Tadi juga telah disampaikan oleh Pak Gubernur untuk kita (pemkab Kubu Raya) berpartisipasi dalam hal pemugaran, memperindah Taman Makam Pahlawan ini. Saya nyakin kita siap, hal ini akan saya sampaikan ke Pak Bupati dan saya yakin Pak Bupati juga akan bersedia,” ucap Wakil Bupati Sujiwo, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga :  Ini Makna Idul Adha Menurut Bupati Kubu Raya

Menurutnya secara geografis Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya terletak di Kubu Raya, namun dalam pengelolaan sejarah untuk menjadikannya lebih indah dan menarik Pemprov Kalbar mempunyai wewenang penuh.

“Kita mau dilibatkan atau diberikan peran dalam hal penganggaran maupun lainnya, kita siap. Karena kebetulan Makam Pahlawan berada di Kubu Raya, seperti di daerah Sintang, dan kabupaten lainnya juga punya Makam Pahlawan. Dan Makam Pahlawan kita jadi satu dengan Pemerintah Provinsi Kalbar,” ujarnya.

Baca Juga :  Pernah Tersangkut di Baling Pesawat, Satpol PP Kubu Raya Gelar Operasi Penertiban Layang – Layang

Selain itu, Sujiwo menyatakan dukungannya terhadap perubahan makam pahlawan untuk menjadi distinasi wisata sejarah. Hal tersebut, selain mengenalkan nama-nama para pahlawan juga menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme terhadap masyarakat.

“Ada pepatah mengatakan tentang Jas Merah yakni jangan sekali-sekali melupakan sejarah karena bangsa ini bisa ada dan kita bisa berdiri tegak sampai hari ini. Salahsatunya karena jasa para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan nyawanya hingga negara Indonesia merdeka,” tutup Sujiwo. (ian)

Comment