Pantau Perkembangan Pariwisata, Sandi Uno Akan Berkantor di Bali

KalbarOnline.com – Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

“Dalam waktu dekat, Mas Menteri (Sandi) akan berkantor di Bali untuk memantau perkembangan pariwisata dari waktu ke waktu,” ujar Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu dalam konferensi pers daring, Selasa (26/1), dikutip dari Antara.

Vinsensius mengatakan, Bali yang merupakan ibu kota pariwisata Indonesia perlu dipantau secara seksama. Sehingga, Sandi bisa cepat mengambil keputusan terkait kebijakan pariwisata.

“Berkantor di Bali untuk memantau dan ambil kebijakan kapan akan re-okupansi menerima wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri,” ujarnya.

Bali memang jadi tolok ukur untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah Pandemi Covid-19 bagi daerah lain di Indonesia. Sebagai Menparekraf baru yang menggantikan Wishnutama Kusubandio, Sandi sudah mencanangkan sejumlah program kerja untuk membangkitkan keterpurukan pariwisata Indonesia.

Baca Juga :  Solusi Pengangguran, Sandi Dorong Anak Muda Gabung ke Rumah Siap Kerja

“Pariwisata menjadi sektor paling terdampak wabah pandemi Covid-19, makanya kita harus gercep, geber, dan gaspol. Tak ada jalan lain selain ikut upaya penerapan CHSE atau K4 dalam setiap aspek wisata ekonomi parekraf,” kata Sandi.

Gercep menurut Sandi adalah bergerak cepat, sementara geber adalah bergerak bersama-sama, memanfaatkan semua potensi untuk membangkitkan dan mempertahankan industri pariwisata. Sementara gaspol adalah menggarap semua potensi lapangan pekerjaan yang ada.

Meski demikian, Sandiaga menyadari betul bahwa perlu adanya pemulihan yang seimbang dan simultan antara kesehatan dan persiapan bangkitnya ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai bagian dari pilar ekonomi untuk melanjutkan ekonomi nasional.

Sejak diangkat Presiden Jokowi, Sandiaga Uno mendapat amanat khusus untuk fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Salah satu strategi yang dilakukan Sandiaga dalam melaksanakan tugasnya adalah dengan melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Baca Juga :  Mahfud MD Kenang Sosok Syekh Ali Jaber, Ulama Besar Wafat Hari Ini

Strategi inovasi dilakukan dengan pendekatan big data untuk memetakan potensi dan menguatkan berbagai aspek pada sektor patiwisata dan ekonomi kreatif. Inovasi juga akan menjadi dasar bagi pengembangan destinasi super prioritas dalam satu tahun yang meliputi kuliner, busana, tarian, hingga infrastruktur.

Selama pandemi COVID-19, pihaknya juga melanjutkan program adaptasi Wishnutama yang mendorong seluruh pelaku pariwisata melakukan adaptasi dengan memenuhi syarat protokol Cleanliness, Healthy, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) atau memenuhi dari segi Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Keberlanjutan Lingkungan (K4).

Comment