by

Manfaat dan Keuntungan Digital Marketing Lewat Facebook

KalbarOnline.Com – Digital Marketing menawarkan berbagai saluran untuk membangun komunikasi dengan audiens: media sosial, email, messenger, mesin pencari, SMS, pemberitahuan push web, dll. Mari kita lihat lebih dekat alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan Facebook sebagai platform untuk mengembangkan bisnis.

Jangkauan Global

Lebih dari 1,5 miliar pengguna internet mengunjungi Facebook setiap hari. Sekitar 2,3 miliar – setiap bulan. Lebih dari 7 juta perusahaan aktif membuat iklan di facebook selama setahun.

Iklan Tepat Sasaran

Menawarkan iklan berbayar yang tepat sasaran. Dengan Iklan Facebook, Anda dapat menyesuaikan promosi Anda dengan audiens tertentu berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, pekerjaan, minat – data demografis atau perilaku apa pun, yang ingin dibagikan pengguna dengan Facebook.

Jangkauan Organik

Jika Anda tidak memanfaatkan Iklan Facebook, membangun hubungan pelanggan secara organik akan semakin lama. News feed memang memungkinkan postingan status pada khalayak, tapi tidak spesifik dan jangkauannya kurang tepat sasaran. Maka dari itu jangkauan organik facebook yang sangat luas mampu membantu usaha Anda ke ranah yang lebih baik.

Integrated Marketing

Pemasaran Facebook bukanlah sistem tunggal yang terisolasi. Anda dapat menggabungkannya dengan saluran pemasaran lain, seperti pemasaran email, pemasaran seluler, pemasaran mesin pencari, dan iklan Facebook Messenger, untuk mengembangkan bauran promosi yang akan meningkatkan jangkauan merek Anda.

Manfaat Marketing Melalui Facebook

Di bagian ini, kita akan mempelajari lebih dalam tentang keuntungan menggunakan Facebook dalam strategi pemasaran. Anda akan mengetahui sasaran mana yang bisa tercapai dengan platform ini selain menjangkau khalayak luas.

Precise Targeting

Dalam penargetan demografis, Anda dapat memilih audiens dengan pendapatan, tingkat pendidikan, peristiwa kehidupan, status hubungan, atau pekerjaan tertentu. Anda dapat mencari pelanggan dengan mempertimbangkan minat mereka, seperti hiburan, olahraga, hobi, dan kebiasaan berbelanja yang mereka sukai. Selain itu, Anda dapat menjangkau klien berdasarkan perilaku pembelian, niat, penggunaan perangkat, dll.

Increased Website Traffic

Jika Anda memanfaatkan facebook dalam tools digital marketing, Anda dapat mengarahkan audiens langsung ke situs web Anda. Selain itu, orang-orang ini akan memiliki prospek berkualitas lebih tinggi daripada pengguna yang membuka situs Anda secara organik karena mereka sudah mengetahui perusahaan Anda. Karenanya, Anda memiliki lebih banyak kredibilitas di benak mereka.

Dengan memanfaatkan facebook digital marketing pengikut Anda bisa mengetahui infomrasi lebih lenjut mengenai perusahaan. Selain itu, saat menautkan ke situs, Facebook menghasilkan gambar ukuran penuh sehingga lebih menarik untuk dipandang mata.

Variety of Ad Formats

Facebook memberi bisnis peluang bagus yang memungkinkan mereka menampilkan produk mereka dari sudut pandang terbaik. Iklan di platform ini mencakup format teks dan visual. Anda dapat meningkatkan posting Anda dengan mengubahnya menjadi iklan, membuat cerita untuk ditampilkan pada layar layar pengguna facebook, membuat slideshow koleksi baru Anda, menggunakan iklan carousel untuk mendemonstrasikan hingga 10 produk yang terhubung ke halaman yang sesuai, dll.

Customer Support Tanpa Menambah Karyawan Baru

Banyak orang lebih suka terhubung dengan suatu merek melalui media sosial. Panggilan telepon telah menjadi masa lalu. Jika Anda membanugn akun facebook perusahaan, terdapat fitur khusus Facebook Messenger untuk berkomunikasi dengan pengguna. Tak perlu karyawan tambahan.

Hanya dengan menyertakan kata kunci seperti “harga”, “pengiriman”, “opsi pembayaran”, “pembelian”, “buku”, dll. Pesan dapat terkirim secara otomatis. Anda hanya perlu mengembangkan skenario berdasarkan FAQ pengguna dan menulis jawabannya. Chatbot Anda akan meniru percakapan yang sebenarnya. Hasilnya, tim dukungan Anda akan memiliki waktu untuk masalah yang lebih rumit dan Anda dapat mengotomatiskan tugas-tugas rutin.

Positive Impact On SEO

Dampak positif pada SEO. Beberapa pemasar mengklaim bahwa media sosial memengaruhi peringkat pencarian. Diyakini bahwa robot memperhitungkan data Anda di bagian Tentang saat memberi peringkat. Apalagi keterlibatan media sosial Anda berkontribusi banyak. Share, like, dan komentar memberi tahu Google bahwa orang-orang tertarik dengan merek Anda dan terlibat dengannya. (DW)

Penulis: Dwi Wahyudi

Gravatar Image
Seorang #bloggerkuburaya yang sampai saat ini masih terus belajar untuk selalu berkreasi. Eksistensi adalah kata kunci, update tulisan menunjukkan jati diri. Tetap semangat untuk terus berbagi. #bloggerborneo #kamekblogger

Comment

News Feed