Ribuan pengungsi Mamuju Tolak Kembali Pulang ke Rumah

KalbarOnline.com – Ribuan pengungsi yang terletak di sejumlah titik di kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) belum mau pulang ke rumahnya meskipun telah dihimbau pemerintah setempat.

“Rumah kami rusak parah, kami mau kemana, tidak mungkin kembali ke rumah. Kami pengungsi, hanya bisa bertahan di tenda pengungsian,” kata, Awal, salah seorang pengungsi di Mamuju, Minggu, (24/1).

Awal juga menuturkan, saat ini masyarakat butuh kejelasan dari pemerintah mengenai upaya yang dilakukan untuk penanganan dampak bencana.

“Kalau kami disuruh pulang harus jelas dulu bagaimana kami nantinya, karena tidak mungkin kami menempati rumah yang hampir roboh, atau tertimpa bangunan rumah tetangga yang roboh,” katanya.

Baca Juga :  Gerindra Dukung Langkah Cepat Erick Thohir Hadirkan Vaksin Covid-19

Ia juga mempertanyakan, bagaimana dengan pengungsi yang sudah keluar daerah seperti menuju wilayah Utara Kabupaten Mamuju.

“Bagaimana mungkin mereka mau kembali ke pengungsian kalau pemukimannya hancur, sementara pemerintah tidak jelas dalam memberikan solusi dan belum memiliki data soal kerusakan pemukiman warga yang terdampak bencana,” katanya.

Baca Juga: Banyak Pemula Kejeblos Main Saham, DPR Minta BEI dan OJK Rajin Edukasi

Baca Juga Diantarkan Para Senior dan Juniornya, Listyo: Ini Bukti Polri Solid

Baca Juga: Jadi Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Pilih Tak Banyak Bicara

Sementara itu Amrin, salah seorang pengungsi belum mau pulang rumahnya karena masih trauma dengan gempa dan takut dengan terjadinya gempa susulan.

Baca Juga :  Harisson Pastikan Bantuan Sembako ke Warga Kurang Mampu Terus Berlanjut dan Masif

“Biarkan kami di pengungsian sampai kami bisa merasa aman kembali ke rumah. Pemerintah juga mesti membantu kami karena situasi belum berjalan normal,” katanya.

Amrin juga mengatakan, hingga saat ini pemerintah provinsi dan kabupaten belum memberikan bantuan kepada pengungsi dan belum jelas langkah penanganan dampak gempa ini.

“Seandainya bukan bantuan dari pemerintah dan masyarakat Sulsel dan Sulteng dan seluruh Indonesia, maka kami tidak tahu bagaimana bertahan hidup di pengungsian, karena pemerintah setempat tidak melakukan apa apa,” katanya.

Comment