Airlangga Hartarto: Donor Plasma Konvalesen Bisa Bentuk Herd immunity

KalbarOnline.com – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mendorong penyintas Covid-19 untuk bersedia mendonorkan plasma konvalesennya. Dia menyebut, dengan semakin banyak pendonor plasma konvalesen, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 semakin besar.

Menurut Airlangga, tujuan akhir dari upaya ini adalah membentuk herd immunity terhadap virus Covid-19 di Indonesia. Hal ini juga yang menjadi harapan Presiden Joko Widodo pada 2021 ini.

“Semakin banyak pasien sembuh, akan mendukung harapan Presiden Joko Widodo agar terbentuk herd immunity pada tahun ini,” kata Airlangga dalam keterangannya, Minggu (24/1).

Baca Juga: Airlangga Pernah Kena Korona, Moeldoko: Cukup Beberapa Orang yang Tahu

Baca Juga :  Maman Abdurrahman Ajak Penyintas Covid Donorkan Plasma Konvalesen

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menuturkan, terapi plasma menjadi salah satu harapan kesembuhan bagi pasien Covid-19 selain dari obat-obatan dari tenaga medis. Terutama bagi mereka pasien yang mengalami gejala sedang hingga berat.

Dia menegaskan, pemerintah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) akan memfasilitasi terapi plasma sebanyak mungkin bagi pasien Covid-19. “Bila ada 10 persen saja penyintas Covid-19 yang melakukan donor konvalesen, maka semakin banyak pasien sembuh,” ujar Airlangga.

Airlangga mengaku sudah mendonorkan plasma konvalesennya saat pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma beberapa waktu lalu. Ketua Umum DPP Partai Golkar ini berharap, langkahnya mendonorkan plasma konvalesen dapat diikuti penyintas Covid-19 lain di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  6 Dokter Meninggal Dunia, APD Terbatas Jadi Catatan

“Saatnya berbuat baik untuk sesama agar menjadi pendonor plasma kovalesen, sehingga menambah angka kesembuhan,” harap Airlangga.

Sebagaimana diketahui, donor plasma konvalesen hanya bisa dilakukan oleh penyintas atau orang yang pernah terpapar Covid-19. Airlangga belakangan ini diketahui sempat terpapar Covid-19, meski sebelumnya tak pernah mengabarkan ke publik.

Hingga Sabtu (23/1) tercatat angka kesembuhan di Indonesia 791.059 pasien. Meski kini tercatat secara nasional 977.474 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment