by

Luhut Binsar Pandjaitan Hampir Pasti Pimpin PB PASI

KalbarOnline.com-Luhut Binsar Pandjaitan hampir pasti menjadi ketua umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) periode 2021–2025.

Menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi itu sudah mengumpulkan sedikitnya 31 suara dari total 34 pengurus pengprov yang terdaftar sebagai anggota PB PASI.

Sekjen PB PASI Tigor Tanjung menjelaskan, berbeda dengan banyak cabor yang memiliki tim penjaringan dan penyaringan sebelum pemilihan ketua, pihaknya menamakan sebagai tim pencari.

Tigor menjadi salah seorang yang turut mencari sosok Ketum pengganti Bob Hasan yang wafat pada 31 Maret 2020.

Tigor menerangkan, proses mencari ketua umum melewati dua tahap. ”Ada yang kami dekati dan ada juga nama (figure, Red) yang mendekati. Dan, Pak Luhut ini yang kami dekati,” ujarnya saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Kenapa Luhut? Menurut Tigor, pihaknya sudah mengetahui reputasi yang dimiliki Luhut. Sejak ditinggal mendiang Bob Hasan yang memimpin PB PASI selama 44 tahun, fondasi kepengurusan PASI dinilai sudah kukuh.

Karena itu, pihaknya perlu pemimpin yang memiliki kemampuan kuat, berkarakter, dan tanggung jawab di masa transisi kepemimpinan ini. ”Kita perlu orang kan supaya program bisa tumbuh. Terlebih lagi ada pandemi,” katanya.

Jodi Mahardi, juru bicara Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi menyatakan bahwa Luhut sudah bersedia untuk menjadi Ketum PB PASI. Luhut siap mengikuti pemilihan yang akan digelar pada kongres secara virtual pada 25 Januari.

”Jadi, respons (Luhut, Red) itu disosialisasikan. Kami buat surat pernyataan mendukung. Datanglah berbondong-bondong 25 suara,” ujarnya.

BACA JUGA:  Luhut: Pemerintah Segera Terima Proposal Investasi dari Tesla

Comment