by

Listyo Sigit Jadi Kapolri, Polri Belum Ada Calon Pengganti Kabareskrim

KalbarOnline.com – Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo telah disetujui untuk menjadi Kapolri baru menggantikan posisi Jenderal Pol Idham Azis. Dengan promosi ini, maka jabatan Kabareskrim akan ditinggal Sigit setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mabes Polri mengaku sampai saat ini belum memilih perwiranya yang akan menggantikan Sigit sebagai Kabareskrim. “Nama calon Kabareskrim itu sampai saat ini belum,” kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, Sabtu (23/1).

Dia menyampaikan, Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) masih bekerja memilih perwira terbaik untuk menduduki kursi Kabareskrim. Nama-nama yang dianggap memiliki kemampuan dan memenuhi syarat masih terus digodok.

“Ya, tentunya dewan itu akan mendiskusikan, merapatkan siapa saja personel terbaik Polri yang akan dianggap mampu untuk memangku jabatan tersebut,” jelasnya.

Rusdi mengatakan, apabila Kabareskrim baru belum dipilih saat Sigit dilantik menjadi Kapolri, maka Wakabareskrim akan mengambil alih sementara kepemimpinan di Bareskrim. “Kita sudah berjalan berdasarkan sistem bukan orang per-orang,” pungkasnya.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI menyetujui Komjen Pol Listyo Sigit menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang sudah memasuki masa pensiun. Keputusan itu secara resmi dibacakan Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

“Komisi III menyadari dan memahami bahwa kecakapan integritas dan kompetensi calon Kapolri merupakan prasyarat multak untuk menjadi Kapolri. Atas dasar itu Komisi III DPR menyetujui untuk mengangkat Kapolri yang diusulkan Presiden RI,” ujar Sahroni saat membacakan hasil dari uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam sidang paripurna DPR, Kamis (21/1).

Politikus Partai Nasdem itu berharap Listyo Sigit Prabowo bisa sungguh-sungguh dalam meningkatkan citra Polri sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban.

BACA JUGA:  Hadapi Pilkada dan Pemilu, Propam Polri Keluarkan 13 Poin Pedoman Netralitas Polri

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment