Kabareskrim Baru Ditunjuk Setelah Kapolri Baru Dilantik

KalbarOnline.com – Usai disetujuinya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru, sosok suksesor Sigit sebagai Kabareskrim Polri masih menjadi misteri. Polri menyebut jika penunjukan Kabareskrim baru menunggu pelantikan Sigit sebagai Kapolri.

“Kapolri dilantik dulu (baru memilih Kabareskrim),” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Sabtu (23/1).

Kendati demikian, Argo belum bisa memastikan waktu pelantikan Sigit sebagai Kapolri. Pasalnya, pelantikan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Sehingga jadwal akan ditentukan oleh pihak Istana.

Baca Juga :  Diserahkan ke Jokowi, Kandidat Calon Kapolri Baru Lebih dari Satu

“Istana yang punya agenda,” kata mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI menyetujui Komjen Pol Listyo Sigit untuk bisa menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang sudah memasuki masa pensiun. Keputusan itu secara resmi dibacakan Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

“Komisi III menyadari dan memahami bahwa kecakapan integritas dan kompetensi calon Kapolri merupakan prasyarat multak untuk menjadi Kapolri. Atas dasar itu Komisi III DPR menyetujui untuk mengangkat Kapolri yang diusulkan Presiden RI,” ujar Sahroni saat membacakan hasil dari uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam sidang paripurna DPR, Kamis (21/1).

Baca Juga :  Kemenkum HAM Klaim Pembahasan UU Cipta Kerja Sudah Berjalan Terbuka

Politikus Partai Nasdem ini berharap, Listyo Sigit Prabowo bisa sungguh-sungguh dalam meningkatkan citra Polri sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment