Cegah Penularan Covid-19, Hindari Makan Bersama Orang Lain

KalbarOnline.com – Penyebaran Covid-19 di Indonesia masih masif terjadi. Terbaru, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengumumkan dirinya positif Covid-19. Dia menyakini penularan terjadi saat makan bersama.

Berkaca dari itu, Doni meminta masyarakat tidak makan bersama dengan banyak orang. Sebab, momen makan bersama bisa menjadi celah penyebaran virus.

“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain,” kata Doni.

Baca Juga :  Tetangganya Meninggal, Jessica Jadi Ketakutan

Dia menuturkan, selama seminggu memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan ada beberapa momen harus melepas masker ketika bersama orang lain. Pada saat itu diperkirakan Doni terpapar virus.

“Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular,” imbuhnya.

Sejak gempa bumi melanda Sulawesi Barat pada Jumat (15/1) dini hari, pada sore harinya Doni telah berada di lokasi bencana. Dia juga berkunjung ke Banjarmasin yang dilanda banjir bandang selama seminggu sebelum kembali ke Jakarta, Jumat (22/1) sore.

Baca Juga :  Menyambangi Sekolah di Wilayah Perbukitan Terjal dan Bertemu dengan Para Ibu Generasi Terakhir Pemakai Bahtuk

baca juga: Doni Monardo Yakin Dirinya Tertular Covid-19 saat Makan Bersama

Dia menuturkan, dalam sebelas bulan terakhir sejak mulai menangani pandemi Covid-19, selalu berusaha menghindari paparan virus dengan menuruti semua anjuran para pakar kesehatan. Namun, dari semua langkah pencegahan rupanya tetap ada celah sehingga terpapar virus korona.

Di sisi lain, pemerintah tetap mengimbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air mengalir.

Comment