Bamsoet Berharap Listyo Sigit Tak Tebang Pilih dalam Penegakan Hukum

KalbarOnline.com – DPR telah menyepati Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri baru menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) yakin, Listyo Sigit mampu mengemban amanah dengan baik, dan membawa institusi Polri semakin mendapat kepercayaan dihati masyarakat Indonesia.

Bamsoet meminta Kapolri baru nantinya mampu membawa perubahan citra dan wajah Polri di masyarakat. “Sehingga menjadi aparat penegak hukum yang independen, netral, dan tegas tanpa tebang pilih dalam penegakan hukum sekaligus berperan aktif dalam menekan laju Covid-19 dengan cara yang humanis dan mengayomi,” ujar Bamsoet kepada wartawan, Sabtu (23/1).

Baca Juga :  In Memoriam Jakob Oetama, Bamsoet: Beliau Ayah Ideologis Kami

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga meminta Listyo Sigit dapat berkomitmen dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum. “Serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 13 UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI,” katanya.

Sebelumnya, rapat paripurna DPR, Kamis (21/1) ini, mengesahkan keputusan Komisi III yang menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Keputusan Komisi III diambil seusai uji kepatutan dan kelayakan terhadap Sigit pada Rabu (20/1/).

Baca Juga :  Bencana Berkelanjutan, Menko PMK Ingatkan Perhatikan Bangun Rumah

Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni mengatakan pihaknya melalui pandangan fraksi, secara mufakat menyetujui untuk memberhentikan Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri dan selanjutnya menyetujui mengangkat Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Sahroni mengatakan, kecakapan, integritas, dan kompetensi merupakan syarat mutlak menjadi Kapolri. Berdasarkan indikator tersebut, Komisi III menyetujui Listyo Sigit sebagai Kapolri dengan harapan mampu meningkatkan citra dan wibawa Polri.

Comment