by

Bantu Korban Bencana, TNI AL Kirim Kowal ke Daerah Belum Terjangkau

KalbarOnline.com – Daerah-daerah yang sulit ditembus atau belum bisa dijangkau oleh petugas yang mendistribusikan bantuan di Kalimantan Selatan maupun Sulawesi Barat menjadi concern TNI AL. Ketua Umum Jalasenastri Veronica Yudo Margono menyatakan bahwa personel Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) sudah dikirim ke daerah-daerah tersebut untuk membantu masyarakat terdampak bencana.

Keterangan itu disampaikan oleh Veronica saat menyerahkan bantuan kepada komandan KRI Banda Aceh-593 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara Jumat (22/1). “Menggunakan helikopter menuju daerah-daerah yang tidak bisa terjangkau,” jelasnya. Dengan begitu, dia berharap bantuan bisa terdistribusi secara merata. Seluruh masyarakat yang membutuhkan mendapatkan bantuan.

Veronica juga menyampaikan bahwa para personel Kowal di Kalimatan Selatan sudah beraksi menggunakan perahu karet. “Memberikan bantuan berupa kesehatan, memeriksa (masyarakat) ke dusun-dusun pelosok yang tidak bisa dijangkau,” terangnya. Itu penting lantaran masyarakat di daerah tersebut juga butuh bantuan. Karena itu pula, mereka mendapat perhatian dari TNI AL. Dia menyebut, Jalasenastri menyumbang bantuan kurang lebih 5 ton.

Veronica menyebutkan, bantuan yang diberikan terdiri atas makanan, minuman, pakaian anak, pakaian ibu, pakaian pria, alat makan, alat mandi, hingga obat-obatan. Demikian pula air bersih. Semua akan didistribusikan menggunakan KRI Banda Aceh-593. Kapal tersebut bakal bertolak dari Jakarta ke Surabaya besok (23/1). Kemudian meneruskan perjalanan ke Kalimatan Selatan dan Sulawesi Barat. “Untuk diserahkan ke korban banjir, korban gempa,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, di Kalimatan Selatan maupun Sulawesi Barat masih banyak masyarakat korban bencana yang mengungsi. Saat ini, mereka memerlukan bantuan dan uluran tangan untuk meringankan beban. Makanan, minuman, obat-obatan, dan pakaian merupakan bantuan-bantuan yang saat ini mereka butuhkan. TNI AL berharap kiriman bantuan dari Jakarta bermanfaat.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed