by

RYZ, Perangkat Yang Bisa Menampilkan Hologram dari Smartphone

Sedikit lagi kita akan sampai pada era seperti dalam film-film fiksi ilmiah. Di mana tampilan layar computer dicitrakan dengan visualisasi tiga dimensi. Teknilogi Hologram, seperti yang dipertontonkan dalam film Star War, di mana citra Putri Leila ditampilkan dalam bentuk hologram oleh robot R2D2, di hadapan Luke Skywalker dan Obi-Wan Kenobi.

Sesungguhnya, adegan itu pula yang menginspirasi Taylor Scott, seorang ilmuwan AS, membawa teknologi hologram ke dalam sebuah smartphone. Scott ingin mewujudkan, foto dan image yang tersimpan dalam smartphone, bisa ditampilkan dalam bentuk hologram. Tak lagi cuma terpampang di layar display.

Scott merancang sebuah aksesoris yang bisa dipadukan dengan smartphone. Berbentuk lensa khusus proprietary terbuat dari polymer kimiawi. Dengan aksesoris tersebut, file image dalam smartphone, bisa disajikan dalam bentuk hologram 3D, bahkan saat kondisi siang hari yang terang. Tampilan hologram itu bahkan bisa disesuaikan dengan posisi mata dan kepala pengguna.

Dalam sebuah demonstrasi, aksesoris ciptaan Scott mampu menyajikan gambar seekor lebah dalam bentuk hologram. Bahkan menampilkan versi hologram Miachel Jackson beraksi dalam sebuah konser –yang ini dilakukan di dalam kondisi gelap. Menurut Scott, aksesoris ini bisa dipasangkan pada smartphone berbasis Android dan iOS.

Scott mendirikan IKIN, sebuah perusahaan technology berbasis di San Dieago, AS, untuk mewujudkan idenya itu. Dia sudah pula memamerkan teknologi tersebut di dalam ajang CES 2021. Dan gayung bersambut, kabarnya sudah ada calon pembeli dan investor potensial untuk mengembangkan inovasi Scott hingga ke tahap komersial.

Sejauh ini IKIN sudah meraup dana untuk pengembangan sebesar US$13 juta. Dan saat ini sedang mencari mitra strategis lain, untuk mendapat tambahan investasi sebesar US$10 juta. Diharapkan, IKIN sudah bisa bisa meluncurkan perangkat yang dinamai “RYZ” itu pada tahun ini.

Tentu saja, karena inovasi Scott yang bisa menjadi portal ke dalam dunia multidimensi itu, diyakini akan membawa mengubah cara orang menggunakan smartphonenya. Khususnya terkait dengan image dan kamera. Sebagai contoh, seorang pramuniaga di sebuah butik atau art gallery, akan lebih gampang menjelaskan produk mereka kepada calon pembeli. Tinggal menampilkannya lewat hologram, tanpa harus memegang produk-produk yang sifatnya sensitive terhadap sentuhan tangan.

The post RYZ, Perangkat Yang Bisa Menampilkan Hologram dari Smartphone appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

News Feed