by

Lakukan 8 Cara Ini Agar Kehamilan Nyaman dan Menyenangkan

Tidak dipungkiri jika kehamilan memengaruhi emosional wanita hamil. Ada banyak wanita hamil mengalami stres saat karena perubahan bentuk tubuh selama kehamilan. Itu karena, mereka terlalu fokus pada ketidaknyamanan dan rasa sakit yang dialaminya selama kehamilan seperti mual, bengkak di kaki dan pergelangan kaki.

Padahal, kehamilan bisa terasa nyaman dan menyenangkan juga lho! Agar kehamilan terasa nyaman dan menyenangkan, Mums bisa melakukan beberapa aktivitas ini. Dengan begitu, Mums bisa merawat diri dengan baik selama kehamilan dan melahirkan bayi yang sehat. So, tunggu apalagi? Manfaatkan waktu sembilan bulan Mums semaksimal mungkin, mulai dari sekarang!

Baca juga: Hamil Tapi Tidak Merasakan Hamil, Mungkinkah Terjadi?

Agar Kehamilan Nyaman dan Menyenangkan

Mums, coba lakukan 8 cara agar kehamilan nyaman dan menyenangkan:

1. Percaya Diri Sendiri. Kehamilan selalu menimbulkan banyak ketakutan dan rasa tidak aman di benak wanita, terutama di kehamilan pertama. Untuk mengatasinya, ingatlah bahwa Mums dan tubuh yang berubah selama kehamilan itu indah. Percaya bahwa Mums sehat dan mampu menjalani kehamilan dan persalinan dengan baik.

2. Tampil Secantik Mungkin. Belilah beberapa pakaian hamil, termasuk pakaian dalam. Pilihlah warna cerah yang jadi favorit Mums. Setelah itu, lakukan perawatan kecantikan sesering mungkin. Jangan lupa untuk mengabadikan kehamilan Mums foto, ya!

3. Nikmati Momen Dipijat. Jika dilakukan dengan benar, pijat prenatal dapat membuat wanita hamil lebih rileks karena bisa meredakan otot, bengkak dan sakit punggung serta meningkatkan sirkulasi darah. “Pijat dapat membantu wanita hamil mengembangkan kesadaran sensorik lebih besar yang sangat berguuna dalam persalinan,” kata Paula Koepke, ahli pijat ibu hamil di Oakland, California. Penelitian juga mengungkapkan bahwa wanita hamil yang sering dipijat lebih mudah mengasuh bayinya setelah melahirkan.

BACA JUGA:  Apa Itu OCD Perinatal dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Baca juga: Apa Saja yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil?

4. Tetap Aktif dengan Olahraga Teratur. Olahraga melepaskan endorfin yang akan meningkatkan mood ibu hamil, lho! Tidak perlu ikut kelas aerobik atau pergi ke gym. Lakukan olahraga yang tidak membahayakan kandungan seperti yoga, berenang, dan pilates. Atau, cobalah untuk tetap aktif sebagai kegiatan rutin Mums setiap hari seperti jalan kaki. Olahraga dapat mengurangi stres dan baik bagi pertumbuhan bayi di kandungan. Selain itu, bisa membantu Mums tetap bugar dan mencegah terkena darah tinggi serta komplikasi lainnya.

5. Cari Informasi Kehamilan. Mempersenjatai diri dengan pengetahuan dapat mengurangi kecemasan selama kehamilan. Jangan ragu untuk meminta saran dari ibu atau teman yang memiliki pengalaman hamil untuk merekemondasikan buku kehamilan. Atau, cari informasi yang diinginkan dari internet. Tapi ingat, jangan asal percaya! Periksa kembali informasi tersebut dengan sumber terpercaya seperti dokter kandungan.

6. Istirahat Jika Membutuhkannya. Sulit untuk merasa bahagia dan nyaman jika kondisi Mums lelah. So, pastikan untuk meluangkan waktu untuk beristirahat jika memang membutuhkannya.

7. Cari Tahu Kepribadian Bayi. “Ada ciri-ciri tentang bayi dalam kandungan yang dapat dipelajari seorang ibu. Seberapa aktif anak yang belum lahir dan bagaimana reaksinya terhadap makanan dan jenis musik yang disukainya. Bahkan, suasana hati ibu dapat memberi petunjuk tentang karakter anak yang ada di kandungan,” kata Roxann Hinkhouse, instruktur lamaze (teknik untuk meringankan rasa sakit saat melahirkan) di La Junta, Colo.

8. Berkencan dengan Suami. Sebelum tiba waktunya persalinan, perkuat hubungan Mums dan Dads dengan berkencan di akhir pekan. Saat berkencan, jangan ragu untuk mengungkapkan harapan dan ketakutan yang Mums rasakan tentang menjadi orang tua. “Kehamilan adalah saat ketika seorang wanita bisa melangkah cukup jauh dalam suatu hubungan karena mereka lebih peka,” kata Andrew Condey, Ph.D, psikolog di Solano Center, Albany, California.

BACA JUGA:  Sudah Trimester Dua Masih Muntah Hebat, Apakah Berbahaya?
Baca juga: Arti Perut Terasa Kencang saat Hamil Tua

Referensi:

UnlockFood. Tips to Help You Feel Better During Pregnancy

Parents. 25 Ways to Love Being Pregnant

Bright Side. 12 Great Tips for a Happy and Healthy Pregnancy

Pregnancy Hub. 10 tips to relax in pregnancy

Comment

Terbaru