GAIA Bumi Raya City Mall Resmi Beroperasi

GAIA Bumi Raya City Mall Resmi Beroperasi

KalbarOnline, Kubu Raya – GAIA Bumi Raya City, Family Life Style Mall pertama di Kalimantan Barat resmi dibuka dan beroperasi mulai hari ini, Kamis (21/1/2021). Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji secara simbolis meresmikan beroperasinya pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Arteri Supadio, Kubu Raya itu.

GAIA Bumi Raya City Mall hadir di Kalbar dengan konsep terbaru sebagai tempat belanja dan rekreasi keluarga. Desain yang modern futuristik, fasilitas lengkap, dipadukan dengan area taman yang asri dan air terjun yang indah, menjadikan GAIA Bumi Raya City Mall sebagai tempat berbelanja dan berekreasi yang tepat bagi seluruh keluarga, serta berbisnis, bagi masyarakat Kalbar.

GAIA Bumi Raya City Mall Resmi Beroperasi 2
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji saat menandatangani prasasti peresmian Gaia Bumi Raya City Mall (Foto: Adpim Provinsi Kalbar)

Keberanian GAIA Bumi Raya City membuka pusat perbelanjaan di Kalbar pun mendapat apresiasi Gubernur Sutarmidji.

“Karena di tengah pandemi, ada investor yang nekat. Tapi ini sudah disewa 80 persen (okupansi tenant). Hanya mungkin mereka (tenant) masih mencari momen yang tepat untuk beroperasi,” ujar Sutarmidji kepada wartawan.

“Tapi saya beri apresiasi kepada GAIA Mall ini yang menjadikan tempat pilihan orang untuk berbelanja dan mungkin bisa saja untuk menghilangkan penat dan lain sebagainya,” timpalnya.

GAIA Bumi Raya City Mall Resmi Beroperasi 3
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menerima cinderamata pada saat peresmian Gaia Bumi Raya City Mall (Foto: Adpim Provinsi Kalbar)

Midji pun meyakini, beroperasinya GAIA memberikan pengaruh besar kepada daerah baik dari sisi pertumbuhan ekonomi, tingkat pendapatan masyarakat maupun pendapatan pemerintah. Terlebih lagi, kata Midji, GAIA akan menyerap tenaga kerja lokal.

“Ini juga bisa menampung tenaga kerja lebih dari 2.500 orang. Tentu daerah akan mendapatkan pengaruh yang besar baik dari sisi pertumbuhan ekonomi, tingkat pendapatan masyarakat maupun pendapatan pemerintah,” imbuhnya.

Untuk itu, tegas Midji, investasi serupa harus didukung baik oleh pemerintah daerah maupun masyarakat. Apalagi, kata Midji, GAIA Bumi Raya City akan mengembangkan bisnisnya ke sektor perumahan dan apartemen. Untuk itu Midji meminta Bupati Kubu Raya memberikan diskon pengajuan izin mendirikan bangunan (IMB) kepada GAIA.

Baca Juga :  Sutarmidji: Kalau Pemilu Ajang Adu Gagasan, Aman
GAIA Bumi Raya City Mall Resmi Beroperasi 4
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji saat memberikan sambutannya pada peresmian Gaia Bumi Raya City Mall (Foto: Adpim Provinsi Kalbar)

“Kalau perlu sampai 75 persen. Karena ketika apartemennya laku, ada BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) lima persen. Kalau penjualan Rp200 miliar, artinya ada Rp10 miliar yang menjadi bagian dari pemerintah daerah setempat,” kata Midji.

Menurutnya, kemudahan-kemudahan dengan memberikan insentif kepada investor harus dilakukan.

“Sehingga membuat orang menginvestasikan dananya lebih enjoy,” tandasnya.

Sementara Direktur Utama PT Bumiraya Ritel Indonesia, Tan Ying Mei menegaskan, di masa pandemi ini, ditambah kondisi ekonomi yang belum stabil, diperlukan upaya-upaya untuk menggerakkan dan membangkitkan ekonomi nasional.

“Perlu digarisbawahi, keberadaan GAIA Bumi Raya City diharapkan mampu menjadi lokomotif pergerakan ekonomi Indonesia khususnya di Kalbar,” tegasnya.

Sementara Direktur Marketing GAIA Bumi Raya City, Budiarto Winarto menambahkan, meski tenant yang bergabung dengan GAIA Bumi Raya City sudah mencapai lebih dari 80 persen, namun dikarenakan pandemi dan kondisi tenant yang terdampak secara ekonomi, menyebabkan tidak semua tenant sanggup menyelesaikan renovasi gerainya dan beroperasi pada saat pembukaan mall.

“Tetapi secara bertahap tenant-tenant tersebut akan merenovasi dan membuka gerainya menyusul tenant yang sudah buka hari ini,” kata dia.

Seremoni pembukaan GAIA Bumi Raya City ini dimeriahkan dengan atraksi Barongsai, Tarian Tiga Etnis, Pameran Otomotif bertajuk Autoshow, Ruang Activity bernama Pojok Halo GAIA dan “I Believe I Can Do” kolaborasi bersama Happy Holy Kids, dibalut dalam nuansa Imlek sekaligus untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek dengan tema “The Prosperity of GAIA” dan rangkaian acara ini berlangsung hingga tanggal 28 Februari 2021.

Baca Juga :  HKN ke-54, Wabup Hermanus Sebut RSUD Kubu Raya Akan Jadi Tempat Rujukan

Pihak manajemen GAIA Bumi Raya City memastikan, seluruh rangkaian acara pembukaan dan operasionalnya nanti akan selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 untuk menjaga kesehatan, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh pengunjung, tenant dan staff di GAIA Bumi Raya City.

Mewajibkan seluruh pengunjung memakai masker, memeriksa suhu tubuh, menyediakan disinfektan, membatasi jumlah pengunjung hanya sampai 50 persen dari kapasitas, memecah kerumunan serta penyemprotan disinfektan secara berkala di seluruh area mall akan dilaksanakan secara ketat dan disiplin.

Jam operasional GAIA Bumi Raya City tetap mengikuti peraturan pemerintah, dibuka pada pukul 10.00 WIB dan tutup pada pukul 21.00 WIB.

Steven Swandono, Operations Director GAIA Bumi Raya City menambahkan, pihaknya menyediakan fasilitas-fasilitas terbaik untuk kenyamanan pengunjung.

“Mushola dengan fasilitas yang terbaik tersedia di lantai 2 GAIA Bumi Raya City. Teknologi terdepan dan ramah lingkungan juga menjadi salah satu kelebihan GAIA Bumi Raya City,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bumi Raya Utama Group juga menyumbangkan 1.000 pohon kepada Pemerintah Provinsi dan diserahkan secara simbolis kepada Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dalam rangka program CSR untuk menjaga kelestarian area hijau di Kalimantan Barat.

GAIA Bumi Raya City terletak di Jalan Arteri Supadio, Kubu Raya, Kalimantan Barat dengan luas bangunan 78.639 meter persegi. Mall akan terdiri dari lima lantai yaitu BS (Basement), GF (Ground Floor), L1 (First Floor), L2 (Second Floor) dan Rooftop area. GAIA Bumi Raya City akan menjadi mall pertama yang menerapkan konsep Indoor Outdoor Mall di Kalimantan Barat yang akan mendukung berbagai aktivitas gaya hidup masyarakat modern.

Comment