by

Jadwal Padat Biden di Acara Pelantikan, Agenda Trump Belum Jelas

KalbarOnline.com – Joe Biden dan Kamala Harris segera bekerja di Gedung Putih menggantikan Donald Trump-Mike Pence usai dilantik pada Rabu (20/1) waktu AS. Biden dan tim transisi Wapres Kamala Harris mengumumkan bahwa agenda hari pertama mereka akan cukup padat.

Hal itu mencakup penandatanganan perintah eksekutif. Tim transisi Biden-Harris pada Selasa malam (19/1) waktu AS merilis jadwal harian untuk hari pertama mereka di kantor. Salah satunya press briefing Gedung Putih dari sekretaris pers Jen Psaki.

“Biden juga akan bersumpah dalam pelantikan pada hari pertama pengangkatan presiden dalam upacara virtual,” menurut rilis berita.

Berikut Jadwal Biden pada Hari Pertama Kerja Sebagai Presiden AS

08:45 waktu AS: Biden, Harris, dan pasangan mereka menghadiri kebaktian gereja di Katedral St. Matthew the Apostle.

Siang hari waktu AS: Biden dan Harris dilantik jadi Presiden AS.

14.25 waktu AS: Biden dan Harris mengunjungi Tomb of the Unknown Soldier di Arlington National Cemetery di Virginia.

17:15 waktu AS: Biden menandatangani perintah eksekutif dan tindakan sebagai presiden lainnya.

17:45 waktu AS: Biden mengambil sumpah sebagai Presiden AS dalam upacara virtual.

20.48 waktu AS: Biden dan Harris menyampaikan sambutan di program pengukuhan ‘Celebrating America’

Beberapa staf Dewan Keamanan Nasional Biden dijadwalkan tiba di Gedung Putih sebelum tengah hari. Akan ada lebih dari tiga lusin anggota rencana staf NSC Joe Biden ketika presiden terpilih dilantik. Jadwal tersebut menunjukkan bahwa beberapa staf akan tiba di Gedung Putih paling cepat 10 pagi waktu AS, dua jam sebelum pelantikan.

Sementara itu, jadwal Trump kurang begitu jelas, hanya mencantumkan waktu keberangkatan pada pukul 8 pagi waktu AS. Tidak disebutkan tentang upacara pelepasan yang dijadwalkan di Pangkalan Andrews yang diperkirakan akan berlangsung tak lama setelah Trump dan Melania Trump meninggalkan Gedung Putih dengan kapal Marine One. Jadwal Trump hanya menyebutkan bersama istri berangkat dari Gedung Putih pada pukul 8 pagi waktu AS ke Palm Beach, Florida.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

Terbaru