Wali Kota Edi Kamtono Minta Pejabat Harus Peka Layani Masyarakat

Wali Kota Edi Kamtono Minta Pejabat Harus Peka Layani Masyarakat

Lantik 13 Pejabat Eselon Dua, 18 Eselon Tiga dan 2 Eselon Empat

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono melantik sebanyak 13 pejabat setingkat eselon dua di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota, Selasa (19/1/2021). Dua diantaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Firayanta dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Derry Gunawan. Kedua pejabat tersebut merupakan hasil seleksi open bidding untuk mengisi jabatan itu. Sementara 11 pejabat eselon dua lainnya dirotasi.

Edi mengatakan, kedua pejabat eselon dua hasil dari seleksi open bidding itu dilantik berdasarkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang diusulkan oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel). Hasil ini melalui proses yang cukup panjang untuk mengisi jabatan yang kosong melalui proses seleksi dan mengambil ranking pertama.

Baca Juga :  Disdukcapil Pontianak Kurangi Kuota Layanan di Loket Cegah Kerumunan

“Jadi harus atas persetujuan dan rekomendasi dari KASN, setelah ada rekomendasi baru kita lakukan pelantikan,” katanya.

Sedangkan pejabat yang dirotasi merupakan hasil dari seleksi job fit. Hal ini sudah sesuai prosedur sesuai Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN. Edi menyebut, tidak menutup kemungkinan ke depan akan dilakukan job fit kembali.

“Termasuk kita akan melakukan seleksi untuk pejabat eselon dua yakni Kesbangpol, Tenaga Kerja dan pejabat yang pensiun. Jadi roda organisasi harus tetap berjalan,” tuturnya.

Edi menekankan kepada pejabat yang baru dilantik untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai tugas pokok dan fungsi. Ia juga berpesan agar para pejabat saling berkoordinasi terkait perkembangan yang terjadi di lapangan.

“Pejabat harus peka, berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama setingkat eselon dua, Wali Kota juga melantik Pejabat Administrator setingkat eselon tiga sebanyak 18 orang dan Pejabat Pengawas setingkat eselon empat sebanyak dua orang.

Baca Juga :  Kelurahan Sungai Jawi Kini Miliki TPS 3R

Adapun nama-nama pejabat setingkat eselon dua yang dilantik adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Firayanta, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Derry Gunawan, Kepala Dinas Sosial Darmanelly, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Junaidi, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Syarif Saleh, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Haryadi S Triwibowo, Kepala Satpol PP Syarifah Adriana, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Multi Juto Bhatarendro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Saptiko, Kepala Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tinorma Butar Butar, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Yuni Rosdiah, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pembangunan Aswin Djafar dan Asisten Administrasi Umum Hidayati. (prokopim)

Comment